Opini: Hijrah Politik Ala Jokowi

oleh
Hijrah Politik Ala Jokowi
Hijrah Politik Ala Jokowi

JAKARTA – Hijrah dalam arti umum adalah berpindah dari suatu tempat ke tempat lainya. Hijrah selalu diawali dengan sebab. Sebab itulahlah menjadi alasan Kenapa harus berhijrah?. Sebab-sebab berhijrah karena keadaan pada suatu tempat tidak aman untuk bermukim. Jadi ada proses perpindahan secara fisik karena pada tempat itu tidak memenuhi kaidah rasa aman.

Secara khusus hijrah adalah bergerak dari satu lintasan keburukan menuju lintasan kebaikan. Secara maknawi hijrah dalam bentuknya yang sederhana adalah meninggalkan cara berpikir negatif menuju cara berfikir yang positif. Hijrah adalah sebuah konsep yang penuh dengan kearifan sebab konsep ini lebih mengutamakan cara menghindar dari konfrontasi terhadap situasi.

Baca: Bela HTI, Saiful Huda Tantang Debat Yusril

Secara histori, Hijrah adalah konsep para nabi untuk mempertahankan keyakinan. Karena nilai-nilai hijrah mengandung cinta, perdamaian dan sekaligus mengandung transformasi nilai, pada kultur yang kemungkinannya nilai tersebut dapat diterima pada tempat tujuan, yang secara budaya dapat mengakomodir ajaran tersebut. Ini berarti, disana ada nilai perdamaian yang lebih diutamakan.