,

Nashrallah: Hizbullah akan Balas Setiap Serangan Israel ke Lebanon

oleh

BEIRUT – Sekretaris jenderal gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon mengatakan bahwa  rekan-rekan sesama pejuangnya tidak akan ragu untuk merespon secara proporsional terhadap setiap tindakan agresi Israel terhadap negara Arab tersebut.

“Kami akan membalas setiap serangan terhadap Lebanon. Kami tidak akan menerima agresi musuh terhadap negara kami, ”kata Sayyid Hassan Nasrallah saat ia berbicara kepada para pendukungnya melalui pidato yang disiarkan langsung oleh televisi dari ibukota Libanon, Beirut, Sabtu sore (10/11).

Ia juga memuji pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang perlawanan, menekankan bahwa tindakan heroik mereka telah membantu Hizbullah meraih kemenangan gemilang.

“Darah para martir kita melindungi tanah air kita, begitu juga dengan kemampuan‘ Formula Emas ’dan rudal Hezbollah. Kekuatan kita adalah kekuatan rudal karena tentara Lebanon dilarang untuk mendapatkan rudal canggih dan perangkat keras militer,” kata Nasrallah.

Beralih pembicaraan ke pembentukan pemerintah persatuan nasional baru di Lebanon, Sekjen Hizbullah itu  mengatakan bahwa Hizbullah seharusnya berhak menuntut 10 kursi menteri, dan bahwa bagian  enam kursi menteri dalam pemerintahan Libanon berikutnya yang mereka terima sebenarnya tidak mencerminkan ukuran parlementer, politik dan populasinya.

Nasrallah kemudian menggarisbawahi bahwa enam anggota parlemen Sunni “independen”, yang bersikeras diwakili dalam pemerintahan berikutnya, telah mencegah transformasi kebuntuan politik di Lebanon menjadi krisis sektarian.

“Kami mengatakan kepada Perdana Menteri-menunjuk Saad al-Hariri bahwa permintaan kami untuk perwakilan mereka adalah hal mendasar, dan membantu pembentukan pemerintah baru,” ujar Nasrallah menyimpulkan. [Sfa]