,

Koalisi AS Lakukan Pembantaian Terbaru di Deir Ezzor

oleh

DEIR EZZOR – Jet-jet tempur Koalisi Internasional pimpinan AS melakukan pembantaian baru di kota Hajin di pedesaan timur Deir Ezzor.

Sumber-sumber setempat mengatakan kepada SANA di hari Jum’at (09/11) bahwa agresi koalisi merenggut nyawa 26 warga sipil, beberapa di antaranya wanita dan anak-anak, di lingkungan Hawama di Hajin.

Sedangkan menurut Observatorium HAM di Suriah, LSM yang menyebut dirinya sebagai pemantau perang dan berbasis di Inggris, korban warga sipil yang meliputi 14 anak dan 9 wanita, semuanya adalah  anggota keluarga Daesh.

Serangan udara dilaporkan menargetkan tempat persembunyian Daesh di kota Hajin, yang terletak di sepanjang Sungai Eufrat, sebelah selatan Deir Ezzor.

Kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman, meyebut bahwa serangan koalisi sebelumnya menewaskan tujuh warga sipil lainnya di desa terdekat al-Shaafa pada hari Kamis.

Penduduk Hajin juga menjadi sasaran serangan udara yang disebut jet tempur koalisi militer Sabtu lalu, ketika 15 orang, kebanyakannya wanita dan anak-anak, tewas.

Akhir bulan lalu, Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar al-Ja’afari, menegaskan pada pertemuan Dewan Keamanan PBB bahwa koalisi pimpinan AS sekali lagi menggunakan bom fosfor putih terhadap Hajin. [Sfa]