,

Khashoggi Dibunuh karena Ungkap Pendanaan Saudi atas Saluran TV Anti-Iran

oleh

LONDON – Kritikus dan jurnalis Jamal Khashoggi, yang terbunuh pada 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul, kehilangan nyawanya karena mengungkapkan pendanaan saluran televisi yang berbasis anti-Iran, tulis Guardian.

Dalam sebuah laporan pada 2 Oktober, Guardian mengutip sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Saudi yang mengatakan bahwa saluran TV anti-Iran yang berbasis di London, menerima sekitar 250 juta dolar (£ 192m) dari pemerintah Saudi setiap tahunnya.

Sekarang koresponden Guardian, dalam tweet Jumat, telah mengungkapkan bahwa sumbernya adalah Khashoggi, kolumnis Washington Post yang dibunuh pada hari yang sama ketika laporan itu diterbitkan dalam pembunuhan terencana di Turki yang dipersalahkan pada Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

The Guardian kemudian mengutip sumber yang sama dengan mengatakan bahwa Iran International TV didanai melalui entitas rahasia dan sebuah perusahaan yang direkturnya adalah seorang pengusaha Arab Saudi yang memiliki hubungan dekat dengan MbS.

Sumber itu mengatakan kepada Guardian bahwa Saud al-Qahtani, yang bertugas sebagai penasihat media untuk MbS dan di antara beberapa pejabat senior yang dihapus sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi, terlibat dalam pendanaan Iran International.

“Itu adalah uang yang berasal dari istana,” sumber itu – yang dikutip dari Khashoggi – ketika berbicara tentang putra mahkota Saudi.

Awal musim panas ini, stasiun itu mendapat kecaman karena memuji serangan teroris di Ahvaz dan menyiarkan liputan langsung unjuk rasa oleh kelompok teroris anti-Iran Mujahedin Khalq Organization (MKO). [Sfa]