, ,

Ekslusif! Pesawat Israel Mendarat di Pakistan Sebelum Netanyahu ke Oman

oleh
Flight radar
Flight radar

ISLAMABAD – Setelah sekitar lebih dari satu minggu pemerintah Pakistan menyangkal bahwa sebuah pesawat Israel telah mendarat di Islamabad di seputar waktu perjalanan mengejutkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Oman, saksi mata telah mengungkap kepada Middle East Eye bahwa ternyata pesawat Israel tersebut telah benar-benar mengunjungi negara itu.

Seorang pilot, yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas subyek, mengatakan kepada MEE, Kamis (08/11) bahwa pesawat BizJet itu terbang di dekatnya pada 24 Oktober tepat sebelum mendarat di Noor Khan Airbase, pangkalan militer Pakistan di Rawalpindi.

Baca: Pangeran Pengganti Mohammad Bin Salman Tiba di Saudi

Tiga anggota staf di pangkalan udara mengkonfirmasi perkataan pilot tersebut. Salah satu mengatakan bahwa ia melihat sebuah mobil menjemput delegasi Israel di tangga pesawat yang kembali beberapa jam kemudian.

Namun masih ada misteri besar yang belum terpecahkan, yaitu apa yang dilakukan pesawat Israel di Pakistan? sebuah negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, dan siapa yang berada di dalamnya?.

Keributan dimulai pada 25 Oktober ketika Avi Scharf, editor edisi bahasa Inggris dari surat kabar Israel Haaretz, men-tweet rincian peta penerbangan yang menunjukkan jet pribadi Netanyahu yang diantaranya terbang dari Tel Aviv ke Islamabad.

Baca: Analis: PM Israel dan Bin Salman Aktor Sanksi AS atas Iran

Tweet-tweet milik Scharf membuat kehebohan dikalangan jurnalis dan pengguna media sosial Pakistan dengan beberapa orang mengisyaratkan bahwa Netanyahu telah mengunjungi Islamabad menjelang kunjungannya yang mengejutkan ke Oman.

Pemerintah dengan cepat meredam laporan tersebut. Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan membantah bahwa jet Israel pernah mendarat di ibukota. Dalam sebuah konvensi pekerja, menteri informasi Pakistan Fawad Chaudhry menggambarkan tweet Scharf sebagai propaganda. (SFA)