,

Bom Meledak di Restoran Mosul, 3 Orang Tewas

oleh
Ledakan Bom Mobil di Mosul, Irak
Ledakan Bom Mobil di Mosul, Irak

MOSUL – Sedikitnya tiga orang tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka pada hari Kamis (08/11) setelah sebuah bom mobil meledak di dekat sebuah restoran di kota Mosul, Irak, dalam sebuah serangan teroris yang sudah jarang terjadi sejak diusirnya ISIS tahun lalu.

Layanan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bom mobil itu meledak sekitar waktu makan malam di sebuah restoran di kota terbesar kedua Irak tersebut.

Belum jelas apakah korban adalah warga sipil atau kombatan, tetapi saksi di Mosul mengatakan bahwa restoran itu diketahui sering dikunjungi oleh petugas keamanan.

Baca: Shadow Commander Sang Juru Selamat

Tidak ada klaim tanggung jawab atas ledakan itu, tetapi para teroris Daesh terus mengobarkan serangan seperti gerilya di Irak setelah kehilangan kendali atas sejumlah besar tanah di negara Arab tersebut.

Pada Juli 2017, perdana menteri Irak, Haider al-Abadi, secara resmi mengumumkan kemenangan atas ISIS di Mosul, yang berfungsi sebagai benteng utama kelompok terror tersebut di Irak.

Menjelang pembebasan Mosul, tentara Irak dan pejuang sukarelawan Hashd al-Shaabi telah mencetak kemenangan besar terhadap ISIS.

Baca: Surat Kabar Turki Ungkap Transaksi Kotor AS-ISIS di Suriah

ISIS memulai kampanye teror di Irak pada tahun 2014, menduduki petak-petak luas dalam serangan kilat. Setelah tiga tahun perjuangan, Baghdad akhirnya mengumumkan berakhirnya operasi militer terhadap ISIS pada 9 Desember 2017. (SFA)