,

AS Setujui 8 Negara Tetap Beli Minyak Iran

oleh
Minyak Iran
Minyak Iran

WASHINGTON – Pemerintah AS telah setuju untuk mengizinkan delapan negara untuk terus membeli minyak mentah Iran setelah sanksi Washington terhadap Teheran diberlakukan pada Senin depan, kata seorang pejabat senior pada hari Jumat (02/11/2018).

Pejabat pemerintah mengatakan kepada Bloomberg bahwa keringanan ditujukan untuk mencegah kenaikan harga minyak dan akan diberikan sebagai imbalan atas pemotongan impor lanjutan.

Sumber itu mengatakan Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo diperkirakan akan mengumumkan jumlah pengecualian pada hari Jumat, seperti dilansir Press TV.

Selain Jepang, India, dan Korea Selatan, AS juga akan memberikan pembebasan minyak ke China, dua orang yang akrab dengan diskusi Washington-Beijing mengatakan pada kondisi anonimitas.

Ketika Presiden AS Donald Trump sedang mempersiapkan untuk menjatuhkan sanksi terhadap ekspor minyak Iran dalam beberapa hari ke depan, indikasi sudah muncul bahwa negara-negara tertentu sedang mempersiapkan untuk menentang tekanan Washington untuk menghentikan pembelian minyak Iran.