,

Pasukan AS dan Kurdi Gali Situs-situs Bersejarah di Manbij

oleh

SURIAH – Pasukan AS dan milisi sekutu terus menggali situs-situs bersejarah di wilayah Manbij untuk mencari lebih banyak artefak di daerah kuno, gerilyawan yang berafiliasi dengan militan melaporkan pada hari Sabtu.

Situs berita Zaman al-Wasl melaporkan bahwa milisi yang didukung AS terus menggali situs-situs bersejarah di Manbij.

Lebih lanjut mengatakan bahwa pasukan AS telah mulai menggali di beberapa daerah dan kota, termasuk Um al-Sarj, Qala (benteng), Tembok Kota bersejarah dan Old Bazaar yang menikmati sejumlah besar artefak.

Sementara itu, milisi yang didukung AS juga telah menggali beberapa kuburan tua di bagian timur kota dekat zona Industri dan di Gereja Kuno, katanya, dan menambahkan bahwa beberapa artefak telah hancur.

Al-Wasl lebih lanjut mengatakan bahwa pasukan AS berencana untuk mendirikan kamp di daerah yang dilaporkan kaya dengan barang-barang antik dan tambang logam.

Manbij adalah salah satu kota tertua di Suriah dengan catatan kuno lebih dari 4.000 tahun.

Situs berita MME melaporkan pada bulan lalu bahwa Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS melakukan penggalian di situs-situs bersejarah di kawasan Manbij di timur laut Aleppo untuk menemukan dan mencuri artefak.

Lebih lanjut dikatakan bahwa SDF menggali situs sejarah yang dikenal sebagai Qanat Rumania (kanal air) di dekat kota Manbij, dan menambahkan bahwa SDF telah menggali dua terowongan dekat Qanat di Jablat Um al-Sa’an di bawah pengawasan Komandan SDF Jamil Mazloum.

Laporan itu lebih lanjut mengatakan bahwa SDF memanfaatkan anggota Kurdi untuk operasi seperti itu karena tidak percaya pada anggota Arab. [Sfa]