,

OPEC Sepakat Pangkas Produksi Minyak 1,2 Juta Barel Per-Hari

oleh

WINA – Menteri perminyakan Irak mengatakan bahwa OPEC dan negara-negara mitranya telah sepakat untuk memangkas produksi minyak dengan total 1,2 juta barel per hari (bpd), , meskipun ada tekanan dari Amerika Serikat untuk menurunkan harga minyak mentah.

“Kami akan memotong total 1,2 juta bpd,” kata Thamer Abbas al-Ghadhban kepada wartawan setelah pertemuan organisasi internasional di Wina, sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita AFP.

Al-Ghadhban mengatakan bahwa jumlah itu yang setara dengan lebih dari satu persen produksi minyak global, akan terdiri dari pengurangan 800.000 bph yang didistribusikan antara 14 anggota OPEC dan 400.000 oleh mitra non-kartel, termasuk Rusia.

“Pemangkasan ini akan didasarkan pada tingkat produksi minyak Oktober dan akan ditinjau kembali pada bulan April,” ujar juru bicara untuk pertemuan Wina, Tafal al-Nasr, kepada AFP.

OPEC dan mitranya, yang bersama-sama mencapai sekitar setengah dari output global, mengatakan bahwa berlimpahnya minyak di pasar telah menyebabkan harganya jatuh lebih dari 30 persen dalam dua bulan terakhir.

Pengumuman pada hari Jumat (07/12) ini menyebabkan harga minyak melonjak sekitar 5 persen menjadi lebih dari 63 dolar per barel pada pukul 3 sore GMT, karena total pemangkasan lebih besar dari angka minimum yang diperkirakan hanya satu juta bph. [Sfa]