,

Israel Diam-diam Melatih Pasukannya di Eropa untuk Operasi Terowongan Hizbullah

oleh

TEL AVIV – Israel diam-diam telah melatih 11 tentara dari Korps Teknik untuk operasi penghancuran terowongan Hezbollah di sepanjang perbatasan Lebanon, Haaretz melaporkan.

Menurut artikel Haaretz, para prajurit yang terlibat secara diam-diam dilatih di negara Eropa yang dirahasiakan sebelum mereka memulai “Operasi Northern Shield.”

Pasukan Pertahanan Israel menyadari bahwa mereka harus terlebih dahulu menangani terowongan Hezbollah, dan menyusun rencana untuk akhirnya menghilangkan terowongan ini di Libanon selatan.

“Kami menyadari kami harus melatih orang untuk menggali. Kami menemukan terowongan seperti itu dalam Perang Lebanon Kedua. Kami menyebutnya ‘cagar alam’, yang berfungsi sebagai pusat komando bawah tanah,” kata seorang pejabat senior IDF, sebagaimana dikutip oleh Haaretz.

Menurut outlet, pelatihan di Eropa membiarkan para insinyur Israel belajar dari para ahli terbaik di lapangan. Anggota Korps Teknik yang berpartisipasi dalam pelatihan ini terlibat dalam pekerjaan di beberapa situs di sepanjang perbatasan, sementara di daerah lain warga sipil melakukan pengeboran.

“Kami berlatih di medan yang tidak biasa kami lakukan, bekerja di medan yang keras dan berbatu serta di daerah yang sulit, untuk belajar menggali,” kata perwira yang dikutip itu. [Sfa]