,

Di PBB, Lebanon Protes Keras Pelanggaran Israel terhadap Kedaulatannya

oleh

NEW YORK – Duta Besar Lebanon untuk PBB Amal Mudallali mengajukan pengaduan ke PBB mengenai peretasan Israel ke jaringan telepon negara itu sehubungan dengan operasi baru-baru ini yang telah dilakukan militer Israel untuk memblokir apa yang diklaimnya sebagai terowongan Gerakan perlawanan Hizbullah di wilayah pendudukan.

Mudallali, dalam sepucuk surat yang dikirim ke Dewan Keamanan PBB, menyatakan bahwa Beirut mengutuk dalam hal yang paling kuat kampanye politik dan diplomatik yang dilancarkan oleh rezim Israel.

“Kampanye itu disertai dengan sejumlah tindakan yang sangat serius, yang paling baru adalah bahwa Israel telah melanggar jaringan komunikasi Lebanon dengan meretas ke jaringan telepon dan mengirim pesan yang direkam ke penduduk sipil yang damai di bagian selatan desa Kafr Killa, memperingatkan mereka tentang ledakan yang akan segera terjadi di wilayah Lebanon yang mungkin membahayakan nyawa mereka, ”kata surat itu.

Lebih lanjut dicatat bahwa tindakan Israel tersebut merupakan pelanggaran kedaulatan Lebanon.

Mudallali kemudian meminta Dewan Keamanan PBB untuk “mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menghadapi kampanye sistematis ini yang dilancarkan oleh Israel dan pelanggaran Israel yang terus berlangsung terhadap kedaulatan Lebanon, yang merupakan ancaman terhadap keamanan dan stabilitas seluruh wilayah.”

“Israel mungkin memperluas operasi ‘anti-terowongan’ ini ke Libanon”

Sementara itu, Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz mengatakan pada hari Jumat bahwa militer Israel dapat memperluas kegiatannya di dekat perbatasan dengan Libanon ke negara Arab tersebut. [Sfa]