,

PBB: 20 Juta Warga Yaman Terancam Alami Krisis Pangan

oleh
Kelaparan di Yaman Parah
Kelaparan di Yaman Parah

JENEWA – Badan pangan PBB memperingatkan bahwa jumlah orang Yaman yang mengalami “krisis” pangan bisa meningkat menjadi 20 juta orang jika tidak ada bantuan pangan berkelanjutan.

Program Pangan Dunia (WFP), organisasi kemanusiaan terbesar di dunia yang menangani kelaparan dan mempromosikan ketahanan pangan, mengumumkan berita yang menyedihkan ini dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (06/12), mengatakan bahwa jumlah itu didasarkan pada survei, yang dilakukan bersama oleh para ahli Yaman dan internasional pada bulan Oktober menggunakan sebuah sistem internasional untuk mengklasifikasikan krisis pangan.

Baca: 35 LSM Peringatkan Separuh Yaman Diambang Kelaparan

Organisasi itu juga menemukan bahwa sekitar 65.000 warga Yaman berada dalam “bencana” kelaparan, terutama mereka yang berada di zona konflik di negara Semenanjung Arab itu, menambahkan bahwa jumlah tersebut bisa meningkat menjadi 237.000 jika bantuan yang sangat dibutuhkan tidak didapatkan.

Perang yang diberlakukan Saudi awalnya terdiri dari kampanye serangan udara tetapi kemudian dibarengi dengan blokade laut dan pengerahan tentara bayaran ke Yaman.

Baca: Kisah Sedih Gadis Yaman Mati Kelaparan Karena Agresi Saudi

Sejak permulaan agresi, tentara Yaman, yang didukung oleh pejuang dari gerakan Ansarullah telah membela negara miskin tersebut melawan penjajah.

Perang sudah berlangsung selama hampir 4 tahun dan Arab Saudi belum mencapai tujuannya untuk menguasai Yaman melalui sekutunya mantan Presiden Hadi, tetapi justru menjerumuskan Yaman ke dalam bencana kemanusiaan terburuk di dunia. Sebelumnya pada awal invasi, Riyadh menyatakan bahwa perang akan memakan waktu tidak lebih dari beberapa minggu. (SFA)