,

OPEC Tunggu Keputusan Rusia untuk Turunkan Produksi Minyak

oleh
OPEC, Minyak
OPEC, Minyak

WINA – Negara-negara anggota OPEC sementara telah menyetujui pengurangan produksi minyak, tetapi dilaporkan mereka menunggu Rusia untuk menyatakan komitmennya sebelum memutuskan berapa jumlah yang tepat untuk pemotongan yang ditujukan untuk menopang harga minyak mentah itu.

Kesepakatan itu dicapai setelah diadakannya pembicaraan pada Hari Kamis antara anggota OPEC di ibukota Austria Wina.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak terbang pulang dari Wina sebelumnya untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin di St Petersburg. Dia kembali ke Wina pada hari Jumat (07/12) untuk diskusi di antara sekutu OPEC dan non-OPEC.

baca: Trump Khawatirkan Penurunan Produksi Minyak Saudi

Sebelumnya, Alexander mengatakan, Rusia akan merasa lebih sulit untuk memangkas produksi minyak dibanding produsen lain karena tengah dalam musim dingin.

“Kami berharap untuk menyimpulkan sesuatu pada akhir hari esok … Kita harus membuat negara-negara non-OPEC juga turut serta (dalam hal ini),” kata Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih kepada wartawan sebelum pertemuan OPEC dimulai.

“Jika semua orang tidak mau bergabung dan bekerja sama, kami akan menunggu sampai mereka mau,” katanya.

Ditanya apakah OPEC gagal mencapai kesepakatan, Falih mengatakan semua opsi ada di meja.

baca: Rusia Tolak Tuduhan NATO dan AS Tentang Pelanggaran Perjanjian INF

Komentarnya ini muncul setelah Menteri Perminyakan Iran Bijan Zangeneh mengatakan bahwa Teheran tidak akan melibatkan diri dalam kesepakatan apapun mengenai tingkat produksi OPEC selama masih di bawah sanksi ilegal AS.

OPEC berniat memangkas produksi minyak mentah hingga 1 juta barel per hari jika Rusia menyumbang pengurangan 150.000 barel per hari.

Tapi, jika Rusia menurunkan produksi hingga 250.000 barel per hari, maka keseluruhan pemotongan produksi bisa per hari lebih dari 1,3 juta barel. (SFA)