,

Delegasi Houthi Tinggalkan Yaman untuk Pembicaraan Damai di Swedia

oleh

YAMAN – Delegasi dari gerakan Houthi Ansarullah, yang dikawal oleh Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, telah terbang dari ibu kota Sana’a ke Swedia untuk menghadiri perundingan damai yang disponsori PBB dengan perwakilan dari administrasi mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Delegasi Houthi meninggalkan Sana’a dengan maskapai Kuwait pada hari Selasa, satu hari setelah 50 pejuang yang terluka diizinkan untuk terbang ke Oman untuk perawatan sebagai syarat upaya perdamaian.

Seorang pejabat senior PBB yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Griffiths menawarkan untuk menemani delegasi Ansarullah setelah mereka menyuarakan kekhawatiran bahwa koalisi militer yang dipimpin Saudi, yang telah memberlakukan blokade udara di Yaman dan melakukan kampanye pemboman yang menghancurkan, mungkin saja mencegat pesawat yang membawa delegasi Houthi.

Mohammed Abdul-Salam, juru bicara dan ketua negosiator untuk gerakan Ansarullah, menulis di halaman Twitter resminya bahwa Houthi “tidak akan berusaha untuk membuat sukses pembicaraan untuk memulihkan perdamaian dan mengakhiri agresi.”

Pejabat Ansarullah mengatakan bahwa konsultasi awal dengan loyalis Hadi yang didukung Saudi dapat dimulai pada awal Rabu.

Meskipun tidak ada tanggal yang diumumkan untuk memulai pembicaraan, ada laporan bahwa pembicaraan akan dimulai pada hari Kamis. [Sfa]