,

Kapal Induk AS ke Teluk Persia Setelah Iran Luncurkan Kapal Perusak Baru

oleh

TEHRAN – Tak lama setelah Iran meluncurkan kepal perusak baru, yang diyakini memiliki radar siluman, kemampuan elektronik dan dek penerbangan untuk helikopter.

Hanya beberapa hari setelah Iran meluncurkan Sahand, kapal perusak siluman di Teluk Persia, para pejabat Pentagon mengumumkan bahwa kapal induk AS akan tiba di Timur Tengah dalam hitungan hari, The Wall Street Journal melaporkan. Pengerahan yang akan datang akan mengakhiri periode terpanjang dalam dua dasawarsa bahwa kelompok pengangkut tidak ada kawasan tersebut.

USS John C. Stennis dan kapal pendukung akan tiba pada akhir pekan ini sebagai “unjuk kekuatan terhadap Iran” pada saat ketegangan meningkat setelah pembaruan sanksi anti-Teheran yang menargetkan sektor energi.

Stennis diperkirakan akan mempertahankan kehadirannya di kawasan itu selama dua bulan untuk “memberikan pencegahan” terhadap aktivitas Iran yang berpotensi bermusuhan di perairan itu, seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada WSJ.

Kehadiran kelompok kapal induk AS, WSJ menulis bahwa itu ditujukan untuk mencegah perkembangan seperti itu.

Baru-baru ini, Brian Hook, Utusan Khusus Departemen Luar Negeri untuk Iran, mengatakan bahwa “opsi militer” ada di meja.

“Kami telah sangat jelas dengan rezim Iran bahwa kami tidak akan ragu untuk menggunakan kekuatan militer ketika kepentingan kami terancam. Saya pikir mereka mengerti itu. Saya pikir mereka mengerti itu dengan sangat jelas. Saya pikir saat kami memiliki opsi militer di atas meja, preferensi kami adalah menggunakan semua alat yang kami miliki secara diplomatis,” katanya.

Dalam sebuah upacara yang disiarkan televisi awal pekan ini, Angkatan Laut Iran meluncurkan kapal perusak baru, yang dikatakan dilengkapi dengan persenjataan canggih, dek penerbangan untuk helikopter dan radar siluman serta memiliki kemampuan perang elektronik.

Peluncuran kapal itu terjadi tak lama setelah Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa penempatan kapal-kapal baru itu membuktikan kemampuan Iran untuk mengembangkan persenjataan modern.

Pada saat yang sama, ia menekankan bahwa Teheran tidak mencari konfrontasi dengan negara manapun, tetapi akan terus mempromosikan kemampuan pertahanannya. [Sfa]