,

Iran Salah Satu Kekuatan Rudal Tercanggih di dunia

oleh

TEHRAN – Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami mengatakan bahwa Republik Islam saat ini adalah salah satu kekuatan rudal terhebat di dunia meskipun dilanda sanksi berat selama 40 tahun terakhir.

“Hari ini, Iran adalah salah satu kekuatan teratas dunia dalam membangun rudal, radar, kendaraan lapis baja dan kendaraan udara tak berawak (UAV),” kata menteri pertahanan Iran dalam wawancara eksklusif dengan IRNA pada hari Minggu, menekankan bahwa kekuatan pertahanan Iran dimaksudkan untuk mengirim pesan perdamaian dan persahabatan dengan negara lain.

“Iran telah berhasil mencapai kinerja yang sangat diinginkan dan dapat diterima di bidang produk-produk defensif dan Kementerian Pertahanan telah menjadi mandiri dalam industri pertahanan meskipun ada sanksi keras [yang dikenakan] oleh sistem arogan [global] dalam 40 tahun terakhir,” tambahnya.

Kepala pertahanan Iran lebih lanjut mengatakan peresmian jalur produksi jet tempur Kowsar di Perusahaan Industri Manufaktur Pesawat Iran di provinsi Isfahan bulan lalu membuktikan bahwa sanksi tidak efektif.

Pada 3 November, Iran meluncurkan produksi massal jet interceptor all-pribumi generasi keempat, Kowsar, dalam langkah besar menuju renovasi Angkatan Udara.

Pesawat yang telah dirancang untuk memberikan dukungan logistik untuk operasi darat, menawarkan kemampuan manuver lanjutan dan dapat dilengkapi dengan berbagai proyektil. [Sfa]