,

Erdogan: Kami Tak Puas Penjelasan Saudi soal Khashoggi

oleh

ARGENTINA – Ankara tidak puas dengan penjelasan Riyadh atas kasus pembunuh wartawan terkemuka Arab, Jamal Khashoggi, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu.

“Kami menganggapnya sebagai pembunuhan yang biadab. Sayangnya, Arab Saudi tidak mendukung kami. Awalnya, ada kebohongan bahwa dia [Khashoggi] meninggalkan konsulat. [Namun] ada bukti bahwa dia dibunuh: ada rekaman audio tujuh menit, kami membagikannya pada AS dan negara Eropa. Turki menyerahkannya ke Amerika Serikat, Arab Saudi, Kerajaan Inggris – semua yang menginginkannya. Kami tidak bisa puas dengan penjelasan yang kami peroleh,” kata Erdogan kepada wartawan di sela-sela KTT G20, sebagaimana disiarkan oleh penyiar NTV.

Turki bersikeras bahwa Arab Saudi harus mengekstradisi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu, Erdogan menegaskan kembali.

“Tetapi ini bukan hanya kasus Turki, tetapi seluruh dunia. Kami masih belum menerima informasi dari pihak Saudi tentang komplotan pembunuh. Mereka harus mengungkapkannya,” tegasnya. [Sfa]