,

VIRAL! Putin Abaikan Trump, Mesra dengan MbS di KTT G20

oleh

ARGENTINA – Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat memberikan sambutan hangat kepada Putra Mahkota Mohammed bin Salman, tetapi momen dari kemungkinan jabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump dipotong.

Mereka yang menonton siaran langsung dari KTT G20 yang sedang berlangsung di Argentina dibiarkan menebak apakah Trump dan Putin, yang pertemuan resminya dibatalkan sebelumnya, apakah akan saling menyapa satu sama lain? Ketika para pemimpin sedang berbaris untuk ‘foto bersama’, Trump terlihat berjalan menuju Putin – tetapi pada saat-saat terakhir, kamera dialihkan ke bidikan yang lebih dekat. Sorotan lebar kembali beberapa saat kemudian, ketika Trump sudah berada di tempatnya jauh dari Putin.

Para pengamat dibiarkan tanpa potongan bahasa tubuh yang penting setelah Trump mengumumkan ia tidak akan bertemu Putin secara resmi, seperti yang direncanakannya, mengutip perkelahian angkatan laut Rusia-Ukraina baru-baru ini di lepas pantai Krimea. Kremlin mengatakan keduanya masih akan mengobrol di sela-sela KTT G20, karena Gedung Putih belum mengkonfirmasi pembatakan.

Ketika mereka duduk untuk berunding setelah foto bersama, kamera menangkap Putin menyambut pemimpin dunia lain, Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman, yang duduk di sebelah pemimpin Rusia, dengan perlakuan hangat.

Menteri luar negeri Turki di belakang tampak garang dan marah melihat kemesraan keduanya. [Sfa]