,

Trump Sepenuhnya Dukung Sanksi Keuangan Baru untuk Tekan Assad

oleh

WASHINGTON – Administrasi Trump sangat mendukung undang-undang baru untuk meningkatkan tekanan keuangan pada Presiden Suriah Bashar Al-Assad, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

“RUU itu memberikan alat tambahan yang dirancang untuk menolak rezim Assad dan akses proksi ke sistem keuangan internasional dan untuk memblokir dukungan keuangan dan lainnya yang memicu pembunuhan orang-orang Suriah yang tidak bersalah,” kata pernyataan itu.

Gedung Putih menjelaskan RUU baru itu juga akan memfasilitasi berlanjutnya penggunaan sanksi ekonomi dan pembatasan visa untuk meminta pertanggungjawaban para anggota pemerintah Assad.

“Administrasi sangat mendukung berlalunya HR 1677, ‘Caesar Syria Civilian Protection Act of 2018.’ RUU itu akan menambah seperangkat alat yang kuat pada pemerintahan … menahan pejabat Suriah yang bertanggung jawab atas pembantaian warga sipil dan kekejaman lainnya,” ujarnya.

RUU itu akan memfasilitasi berlanjutnya penggunaan sanksi ekonomi dan pembatasan visa untuk meminta pertanggungjawaban anggota pemerintah Suriah, tambah pernyataan Gedung Putih.

Langkah ini muncul setelah Perwakilan Khusus AS James Jeffrey berjanji pada bulan September bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan kehadirannya di Suriah sampai ISIS dikalahkan dan penyelesaian damai tercapai.

Suriah telah berada dalam keadaan perang sipil sejak 2011, dimana pasukan pemerintah berperang melawan sejumlah kelompok oposisi dan organisasi teroris yang didukung AS dan sekutunya. [Sfa]