,

Mantan Presiden AS George H.W. Bush Meninggal Dunia

oleh

WASHINGTON – Mantan Presiden AS George H.W. Bush meninggal dunia. Ia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-41 dari 1989 hingga 1993. Presiden AS Donald Trump telah menyatakan belasungkawa terhadap keluarga dan rakyat Amerika.

Mantan Presiden AS George H.W. Bush telah meninggal pada usia 94 tahun, sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh seorang juru bicara keluarga.

“George Herbert Walker Bush, penerbang angkatan laut Perang Dunia II, perintis minyak Texas, dan Presiden Amerika Serikat ke-41, meninggal pada 30 November 2018. Ia berusia 94 tahun … pemakamannya akan diumumkan sesegera mungkin,” pernyataan yang diterbitkan di Twitter oleh juru bicara keluarga Jim McGrath.

Putranya George W. Bush, mengatakan dalam sebuah pernyataan, juga dirilis oleh McGrath, bahwa keluarga Bush “sangat bersyukur atas kehidupan dan cinta, atas welas asih mereka yang telah peduli dan berdoa untuk Ayah, dan atas belasungkawa teman dan warga.”

Pada akhir April, dia dibawa ke rumah sakit dengan infeksi yang menyebar aliran darahnya, segera setelah pemakaman istri almarhum Barbara Bush. Dia menderita penyakit Parkinson dan tidak bisa berjalan sendiri, sebaliknya mengandalkan kursi roda dan kereta dorong.

Lahir pada 12 Juni 1924, ‘Bush senior’ adalah mantan presiden AS tertua yang masih hidup. Dia menjabat sebagai presiden ke-41 Amerika Serikat antara 1989 dan 1993. Bush juga pernah menjadi veteran Perang Dunia II, anggota Kongres Texas, direktur CIA dan wakil presiden Ronald Reagan. [Sfa]