, ,

Tentara Yaman Kembali Hancurkan Tank Abrams Milik Saudi

oleh

YAMAN – Tentara Yaman dan pejuang Houthi Ansarullah menargetkan dan menghancurkan tank Abrams milik Angkatan Darat Riyadh di wilayah Jizan, Arab Saudi.

Operasi itu dilakukan pada hari Senin di desa al-Khubah di Provinsi Jizan, Barat Daya Arab Saudi.

Tank Abrams yang dioperasikan oleh Saudi melalui daerah Jizan, yang bertetangga dengan perbatasan Yaman utara. Ini adalah Tank Abrams kedua yang hancur dalam 30 hari terakhir.

Arab Saudi dan beberapa sekutunya, termasuk Uni Emirat Arab, Maroko, dan Sudan, melancarkan perang brutal terhadap Yaman pada Maret 2015 dalam upaya untuk menginstal kembali kekuasaan mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Agresi awalnya terdiri dari kampanye pemboman tetapi kemudian digabungkan dengan blokade laut dan penyebaran pasukan darat ke Yaman. Sekitar 20.000 orang tewas sejak perang dimulai, kata Kementerian Kesehatan Yaman.

Perang pimpinan Saudi juga telah menghancurkan infrastruktur negara, menghancurkan rumah sakit, sekolah, pabrik, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, bandara, instalasi listrik dan air. PBB telah menyatakan bahwa 2,2 juta orang Yaman sangat membutuhkan makanan, termasuk 8,4 juta terancam oleh kelaparan yang parah.

Meskipun Riyadh mengklaim bahwa mereka membom posisi para pejuang Ansarullah, namun buktinya jet-jet tempur Saudi meratakan area pemukiman dan infrastruktur sipil.

Pada bulan Agustus, serangan udara Saudi menghantam bus sekolah saat melaju melalui pasar di kota Dhahyan di Provinsi Sa’ada, barat laut Yaman, menewaskan total 51 orang, di antaranya 40 anak-anak, dan melukai 79 orang lainnya, sebagian besar anak-anak.

Menurut beberapa laporan, kampanye udara Saudi telah mendorong Yaman menuju bencana kemanusiaan, karena kampanye mematikan Arab Saudi mencegah pasien dari bepergian ke luar negeri untuk pengobatan dan memblokir masuknya obat-obatan dan alat medis ke negara yang dilanda perang. [Sfa]