,

Saudi Bantah Ada Gerakan Bangsawan Al Saud untuk Lengserkan MbS

oleh

RIYADH – Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir sebut laporan Reuters “konyol”, yang mengatakan bahwa anggota keluarga kerajaan Saudi ingin menggulingkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Reuters pada hari Senin melaporkan bahwa beberapa anggota keluarga penguasa Arab Saudi sedang beragitasi untuk mencegah bin Salman menjadi raja.

Ditanya oleh CNBC tentang laporan itu, Jubeir mengatakan pada hari Rabu, “Ini adalah komentar keterlaluan yang sedang dibuat dan benar-benar tidak dapat diterima.”

“Kerajaan Arab Saudi bersatu dalam masalah ini, kerajaan Arab Saudi berkomitmen pada kepemimpinannya, kerajaan Arab Saudi berkomitmen pada visi yang telah diberikan oleh para pemimpin pada kita dalam hal Visi 2030 dan dalam hal bergerak di sepanjang jalan reformasi,” kata Jubeir.

BacaCIA Sebut Putra Mahkota Saudi (MbS) Aktor Dibalik Pembunuhan Khashoggi.

Reuters telah mengutip tiga sumber yang dekat dengan istana kerajaan yang mengatakan bahwa puluhan pangeran dan sepupu dari cabang-cabang kuat keluarga Al Saud ingin melihat perubahan dalam garis suksesi tetapi tidak akan bertindak ketika Raja Salman masih hidup.

Sumber-sumber itu juga mengatakan para pangeran mengakui bahwa raja tidak mungkin berbalik melawan putra kesayangannya. Sebaliknya, mereka mendiskusikan kemungkinan dengan anggota keluarga lain bahwa setelah kematian raja, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz, 76, seorang adik lelaki yang lebih muda dari Raja Salman dan paman putra mahkota, dapat mengambil alih tahta.

Plot yang diduga untuk menggulingkan bin Salman datang dengan latar belakang laporan bahwa putra mahkota muda telah memerintahkan pembunuhan jurnalis, Jamal Khashoggi, yang dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. [Sfa]