,

Angkatan Laut Iran Akan Terus Pertahankan Kehadirannya di Laut Lepas

oleh

TEHRAN – Komandan senior Iran mengatakan armada angkatan laut akan melanjutkan kehadirannya di laut lepas untuk melindungi kepentingan nasional Iran.

“Selama kehadiran armada Angkatan Darat Iran diperlukan untuk mengamankan kepentingan Iran, pengiriman armada ke laut lepas akan berlanjut,” Wakil Komandan Angkatan Darat Iran untuk Operasi Laksamana Muda Mahmoud Moussavi mengatakan kepada IRNA pada hari Minggu.

Dia menambahkan bahwa Iran memiliki Angkatan Laut yang kuat, yang secara konsisten mempertahankan keberadaannya di laut lepas. Jika tidak, orang lain akan memanfaatkan ketidakhadirannya.

Mousavi juga mencatat bahwa Angkatan Laut Iran berencana untuk mengirim armadanya ke Samudera Atlantik jika diperlukan seperti yang terjadi di masa lalu.

Pada bulan November 2016, armada angkatan laut Iran memasuki Samudra Atlantik untuk pertama kalinya setelah kunjungan pelabuhan di Afrika Selatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute laut dan memberikan keamanan bagi kapal dagang dan kapal tanker.

Sejalan dengan upaya internasional dalam melawan bajak laut, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008, menjaga kontainer dan tanker minyak miliki atau disewa oleh Iran atau negara lain.

Angkatan Laut Iran telah berhasil menggagalkan beberapa serangan terhadap tanker Iran dan asing selama misi di perairan internasional.

Komandan Iran lebih lanjut mengatakan bahwa Republik Islam telah berhasil membuat prestasi besar sejak kemenangan Revolusi Islam meskipun “sanksi kejam,” dan menekankan bahwa “sanksi tidak pernah berhasil mencegah kemajuan pertahanan kita.”

Mousavi menambahkan bahwa Angkatan Bersenjata Iran akan terus memperbarui teknologi dan peralatan pertahanan mereka. [Sfa]