,

Suriah: Koalisi AS Gunakan Bom Cluster di Deir Ezzor

oleh

SURIAH – Koalisi pimpinan AS menggunakan bom cluster dalam serangan udara di kota-kota al-Sha’afa dan Hajin, Kantor Berita Arab Suriah melaporkan, mengutip sumber-sumber media dan sipil setempat.

Berita itu menyusul laporan awal pekan ini bahwa lebih dari 60 warga sipil tewas atau terluka oleh serangan udara koalisi pimpinan AS di al-Sha’afa, provinsi Deir Ezzor pada minggu ini, bersama dengan serangan terpisah di kota Hajin pada bulan sebelumnya, yang dilaporkan membunuh lebih dari 15 warga sipil, kebanyakan wanita dan anak-anak.

Media Suriah secara teratur menuduh AS terlibat dalam serangan ilegal di provinsi Deir Ezzor timur dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu, SANA melaporkan penggunaan amunisi fosfor putih dalam serangan ke Hajin.

Seorang juru bicara koalisi mengatakan laporan kematian warga sipil “sedang diselidiki,” koalisi mengambil “langkah-langkah luar biasa untuk menghindari korban sipil” sementara menargetkan target Daesh (ISIS) di daerah tersebut.

Penggunaan munisi tandan di daerah-daerah berpenduduk sipil dilarang di bawah berbagai konvensi, termasuk Konvensi tentang Amunisi Tandan, sebuah perjanjian di mana baik AS maupun Suriah termasuk di dalamnya.

Pentagon mendukung kembali penggunaan munisi tandan akhir tahun lalu setelah sebelumnya berkomitmen untuk menghilangkan penggunaannya dalam serangan udara pada tahun 2019.

Bom curah adalah jenis amunisi yang mengeluarkan submunisi yang lebih kecil untuk membunuh personel dan melenyapkan kendaraan musuh saat menyebar di area yang luas. [Sfa]