, ,

Zarif: Kami Tahu Rencana Pembunuhan Saudi Terhadap Para Pejabat Senior Iran

oleh
Shadow Commander
Shadow Commander

TEHERAN – Iran tahu tentang rencana Arab Saudi untuk membunuh para pejabat senior Iran. Menteri Luar Negeri, Mohammad Javad Zarif mengatakan kepada Al-Araby al-Jadeed yang berbasis di London.

“Teheran memiliki informasi yang dapat dipercaya tentang hal ini,” kata Zarif dalam sebuah wawancara, yang akan dipublikasikan secara penuh pada hari Selasa (13/11) nanti.

Komentarnya ini muncul setelah laporan pada hari Minggu oleh The New York Times yang mengungkapkan pertemuan Maret 2017 di Riyadh untuk membunuh para pejabat Iran, yaitu Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Pertemuan itu mempertemukan para pebisnis yang juga “memasang rencana 2 miliar dolar untuk menggunakan operasi intelijen swasta guna menyabotase ekonomi Iran,” bunyi laporan yang dirilis Times.

Karena pertemuan itu terjadi pada waktu Putra Mahkota Mohammad bin Salman sedang mengkonsolidasikan kekuasaannya di kerajaan, laporan itu menyimpulkan bahwa perencanaan untuk pembunuhan, seperti halnya wartawan pembangkang Jamal Khashoggi di Istanbul, dimulai “sejak awal naiknya Pangeran Muhammad.”

Zarif lebih lanjut mencontohkan kekejaman lain oleh pemerintah Saudi, termasuk dukungan untuk terorisme, menyerang Yaman serta memblokade Qatar dan menculik Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri.

“Seluruh dunia telah membuka mata terhadap apa yang dilakukan Riyadh seperti memblokade Qatar, membom Yaman, menahan perdana menteri Libanon dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi,” kata Zarif.

Ini adalah sementara AS telah muncul sebagai pendukung penuh semangat monarki tersebut, sejak Presiden Donald Trump mlai berkantor.

Trump juga telah menarik Washington dari kesepakatan nuklir dengan Teheran yang didukung internasional dan kembali menjatuhkan sanksi ilegal terhadap Teheran. (SFA)