,

Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Saudi di Jizan

oleh
Serpihan drone Saudi
Serpihan drone Saudi

JIZAN – Pasukan Yaman, yang didukung oleh para pejuang sekutu dari Komite Populer, telah mencegat dan menyasar sebuah pesawat udara tanpa awak, milik koalisi militer yang dipimpin Saudi, ketika drone itu terbang di langit di atas wilayah pegunungan di wilayah perbatasan barat daya kerajaan,  Jizan.

Jaringan televisi al-Masirah melaporkan bahwa sumber militer Yaman yang tidak disebutkan namanya mengatakan pasukan pertahanan udara Yaman dan sekutu mereka telah menembak jatuh pesawat tak berawak seperti itu saat drone tersebut sedang dalam misi pengintaian diatas distrik Jabal al-Doud, pegunungan di Jizan, yang terletak 966 kilometer di selatan ibukota Riyadh, pada Senin malam (12/11).

Sebelumnya pada hari itu, pasukan militer Yaman dan sekutu tempur dari Komite Populer juga menembakkan rudal balistik Zelzal-1 (Gempa-1) yang dikembangkan di dalam negeri ke posisi milisi dukungan Saudi yang setia kepada mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, di barat laut negara itu, provinsi Hajjah.

Rudal itu menghantam sebuah daerah di distrik Hayran, menyebabkan puluhan tentara bayaran Saudi tewas dan terluka.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya melancarkan kampanye militer yang menghancurkan terhadap Yaman pada Maret 2015, dengan tujuan membawa pemerintah Hadi kembali berkuasa dan menghancurkan gerakan Houthi Ansarullah di negara itu.

Menurut sebuah laporan baru oleh Lokasi Konflik Bersenjata dan Proyek Data Peristiwa (ACLED), sebuah organisasi penelitian konflik nirlaba, perang yang dipimpin Saudi sejauh ini telah merenggut nyawa sekitar 56.000 warga Yaman. (SFA)