, ,

Memanas, Israel Hamas Saling Serang di Gaza

oleh
Situasi Memanas di Gaza
Situasi Memanas di Gaza

JALUR GAZA – Jet-jet tempur Israel pada Senin malam (12/11) membombardir berbagai posisi di Jalur Gaza yang diblokade, dengan alasan sebagai tanggapan atas peluncuran sejumlah roket dari Gaza ke Israel selatan.

Bersamaan dengan serangan udara itu, unit-unit artileri Israel juga menembaki berbagai posisi di wilayah pesisir yang dikuasai Hamas.

Menurut Departemen Kesehatan Gaza, setidaknya tiga orang Palestina tewas akibat serangan itu, sementara Otoritas Penyiaran Israel melaporkan bahwa tujuh warga Israel terluka, dimana salah satunya mengalami luka serius akibat tembakan roket dari Gaza.

Unit artileri dekat zona penyangga Gaza-Israel dilaporkan telah menargetkan konsentrasi aktivis Palestina di Gaza tengah, bersama dengan posisi perlawanan di kota Jabalia dan kota Deir al-Balah.

Helikopter tempur Israel, sementara itu, juga dilaporkan telah menargetkan beberapa posisi di Gaza selatan.

Dalam pernyataan bersama, faksi perlawanan Palestina mengumumkan bahwa mereka telah mulai menembakkan roket ke Israel selatan sebagai tanggapan atas serangan militer Israel ke Jalur Gaza selatan pada larut malam.

Mulai jam 19:00 pada  Senin malam (waktu setempat), militer mengatakan telah mencatat peluncuran setidaknya 80 roket dari Gaza, beberapa di antaranya, katanya, telah dihadang oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

Dalam pernyataan terpisah, militer mengatakan telah menargetkan lebih dari 20 posisi di Gaza yang berafiliasi dengan gerakan perlawanan Hamas dan Jihad Islam.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sementara itu, telah dilaporkan mengadakan pertemuan penting dengan Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman dan Kepala Staf Angkatan Darat Gadi Eizenkot untuk membahas eskalasi terbaru tersebut.

Pada Minggu malam, tujuh orang Palestina tewas,  termasuk seorang komandan senior Hamas, ketika pasukan militer Israel melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza selatan.

Menurut tentara Israel Seorang tentara Israel dilaporkan tewas dalam serangan itu dan seorang lainnya terluka. (SFA)