,

Jerman Diam-diam Bayar 49 Juta Euro ke Pemberontak di Suriah

oleh

SURIAH – Pemerintah Jerman membayar puluhan juta Euro kepada pasukan pemberontak yang memerangi pemerintah Suriah, The Telegraph melaporkan pada hari Minggu, mengutip laporan dari surat kabar Tagesspiegel.

Menurut laporan Tagesspiegel, Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri Walter Lindner (Sosial Demokrat) mengatakan kepada MEP Evrim Sommer (Die Linke) bahwa Jerman membayar jutaan Euro kepada pasukan pemberontak di Suriah.

Laporan itu mengatakan bahwa Lindner mengungkapkan Jerman membayar para pemberontak tidak kurang dari 37,5 juta Euro untuk rekonstruksi dan bantuan kemanusiaan.

Secara total, pemerintah Jerman membayar hampir 49 juta Euro kepada pasukan pemberontak di Suriah, lanjut laporan itu.

“Pemerintah tidak ingin memperjelas ini, karena mitra yang ditemui Ny. Merkel, Rusia dan Turki, mungkin tidak senang,” kata Evrim Sommer kepada Kantor Berita Sputnik Rusia.

Jerman baru-baru ini memasuki pembicaraan dengan Turki, Perancis, dan Rusia untuk mengamankan pemukiman damai di dalam wilayah Suriah.

Namun, laporan baru tentang pendanaan rahasia Jerman kepada kelompok-kelompok pemberontak dapat menyebabkan gesekan di antara negara-negara yang bersekutu dengan pemerintah Suriah, termasuk Rusia dan Iran. [Sfa]