,

Kondisi Kesehatan Raja Salman Memburuk

oleh

RIYADH – Whistle-blower Saudi, Mujtahid, yang diyakini sebagai anggota atau memiliki sumber yang terhubung dalam keluarga kerajaan, mengungkapkan bahwa Raja Salman belum dapat menyelesaikan kunjungan terakhirnya ke beberapa provinsi dan kembali ke Riyadh karena kondisi kesehatan yang memburuk.

Mujtahid mengungkapkan berita tersebut di halaman twitternya pada hari Sabtu.

“Raja Saudi sekarang berada di rumah sakit khusus. Kepulangannya ke Riyadh tidak direncanakan karena dia akan melakukan perjalanan ke al-Jawf dari Ha’el dan kemudian pergi ke daerah lain tetapi putranya, Mohammed, memutuskan untuk membawanya kembali ke Riyadh setelah kondisi kesehatannya memburuk,” tulisnya.

Berita itu datang ketika pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi terkemuka, telah memicu eskalasi kritik terhadap pemerintah Saudi. Wartawan itu hilang setelah mengunjungi Konsulat Saudi di Istanbul pada awal Oktober, sementara Riyadh akhirnya mengakui bahwa dia telah terbunuh di dalam gedung.

Arab Saudi berusaha menutupi pembunuhan itu dengan mula-mula bersikeras bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat. Kemudian mengubah narasinya, mengatakan bahwa jurnalis itu tewas dalam baku hantam. Belakangan, Arab Saudi mengakui Khashoggi terbunuh dalam pembunuhan terencana, tetapi pembunuhan itu adalah “operasi jahat” yang tidak direncanakan.

Para pejabat Turki dan Saudi telah melakukan inspeksi bersama terhadap konsulat dan kediaman konsul, tetapi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan beberapa pejabat Saudi masih berusaha menutupi kejahatan tersebut. [Sfa]