Eropa

Zona Larangan Terbang Bisa Picu Perang Rusia-AS di Suriah

Sabtu, 24 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Kepala staf gabungan AS di Timur Tengah, Jenderal Joseph Dunford, pada hari Kamis (22/09), mengatakan bahwa kontrol penuh AS atas wilayah udara Suriah akan menyebabkan dimulainya perang dengan Suriah dan Rusia. (Baca: Pernyataan Tentara Arab Suriah)

Dunford dalam pidatonya pada sidang Komite Angkatan Bersenjata di Senat, mengatakan “situasi saat ini memerlukan kontrol wilayah udara Suriah, yang dimulai dengan mengontrol Suriah dan Rusia … ini adalah keputusan yang sangat prinsip, sementara yang lainnya saya tidak berani memutuskannya.”

Dunford juga menunjukkan bahwa skenario zona larangan terbang di atas Suriah, “dalam keadaan tertentu” adalah subyek pembicaraan Presiden Barack Obama sebelumnya.

Sementara itu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengumumkan penolakannya atas pemberlakuan zona larangan terbang di Suriah, dan menekankan bahwa penghentian serangan udara di negara itu akan menjadi “langkah yang bertolak belakang dengan kebenaran dan lebih mendukung keberadaan teroris”. (Baca: Memanas, Rusia Tantang Amerika ke Suriah)

Rouhani pada konferensi pers di sela-sela sidang umum PBB di New York, mengisyaratkan bahwa teroris yang bersenjata lengkap dan memiliki peralatan militer serta satu-satunya hal yang tidak mereka memiliki adalah pesawat tempur”.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry, pada Rabu, mendesak pemberlakuan zona larangan terbang di atas wilayah Suriah yang dikuasai oposisi bersenjata untuk mencegah Damaskus melancarkan serangan udara dengan dalih menghindari korban sipil. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: