Headline News

Zionis Israel Pusing, Hamas Tolak Tiga Prasyarat Perundingan Tel Aviv

Senin, 23 Oktober 2017 – 06.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, PALESTINA – Gerakan perlawanan Palestina Hamas menekankan bahwa mereka tidak akan pernah memutuskan hubungan dengan Iran sebagai prasyarat untuk melakukan perundingan dengan rezim Tel Aviv. Wakil pemimpin Hamas Saleh al-Aruri membuat pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu(21/10/2017).

Baca: Israel Serang Markas Hamas di Jalur Gaza

Aruri memimpin sebuah delegasi Hamas ke Teheran pada hari Jum’at (20/10/2017), untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Iran termasuk Ali Akbar Velayati, seorang penasihat senior Pemimpin Revolusi Iran Ayatullah Ali Khamenei.

Aruri menegaskan bahwa Israel telah menetapkan tiga prasyarat untuk dimulainya perundingan, termasuk perlucutan senjata Hamas, pengakuan Israel, dan memutuskan hubungan dengan Iran.

“Sebagai tanggapan atas prasyarat pertama yang merupakan perlucutan senjata Hamas, kami telah menyatakan bahwa kami sama sekali tidak menerimanya,” katanya, dan menambahkan bahwa mereka juga sama sekali menolak syarat kedua untuk mengakui Israel.

Baca: Hamas; Perlawanan Satu-satu Cara Untuk Membebaskan Palestina dari Israel

“Kehadiran kami di Iran adalah penyangkalan praktis prakondisi ketiga yang memotong hubungan dengan Iran,” tegas Aruri.

Pada hari Kamis, pemimpin Hamas mengatakan bahwa “tidak ada orang” yang dapat memaksanya untuk melucuti senjata atau mengakui Israel setelah Amerika menuntut agar gerakan perlawanan memenuhi kondisi tersebut sebagai bagian dari pemerintah persatuan Palestina yang sedang berkembang.

“Tidak ada orang di alam semesta yang bisa melucuti senjata kita. Sebaliknya, kita akan terus memiliki kekuatan untuk melindungi warga kita,” kata Yahya Sinwar. “Tidak ada yang bisa memaksa kita dari pengakuan pendudukan,” tambahnya.

Kabinet Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa Tel Aviv tidak akan melakukan negosiasi dengan pemerintah persatuan Palestina di masa depan yang mendapat dukungan Hamas.

Baca: Indonesia-Iran Sama-sama Berkomitmen Bela Rakyat Palestina

Baik Hamas maupun Fatah yang berbasis di Ramallah dengan cepat menyikut ancaman Netanyahu, dimana Otoritas Palestina mengatakan bahwa sikap yang tidak bersahabat tersebut tidak akan mempengaruhi tekad negara untuk mencapai tujuannya. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: