Asia

Zarif Tanggapi Pernyataan Anti-Iran Trump

Senin, 22 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan pernyataan anti-Teheran Presiden Donald Trump baru-baru ini ditujukan untuk “memerah susu” Arab Saudi.

Iran, yang baru saja melalui pemilu yang sesungguhnya, diserang oleh @POTUS di negara benteng demokrasi dan moderasi itu. kebijakan luar negeri atau sekedar memerah 480 miliar dolar KSA?

Zarif menanggapi pernyataan yang dibuat oleh Trump saat berkunjung ke Arab Saudi, di mana Presiden AS meminta semua negara untuk bekerja sama mengisolasi Iran. Dia selanjutnya menuduh Teheran memicu konflik sektarian dan teror.

Menteri luar negeri Iran merujuk pada kesepakatan senjata baru-baru ini antara AS dan Arab Saudi yang bersenilai Rp1.464 triliun, dan mencapai mencapai Rp4.661 triliun selama 10 tahun, serta ditambah serangkaian kesepakatan lainnya. Arab Saudi adalah klien terpenting dari agen senjata AS dan sekutu utama Washington di Timur Tengah.

Sebelumnya, Zarif, dalam sebuah editorial untuk situs berita al-Araby al-Jadeed yang berbasis di London, menyarankan Trump untuk membahas bagaimana cara untuk menghindari serangan teroris 11 September yang lain, seperti yang dilakukan teroris Saudi sebelumnya.

“Trump harus berdialog dengan mereka tentang cara mencegah teroris dan Takfiris yang terus memicu kebakaran di Timur Tengah dan mengulangi kejadian 11 September oleh sponsor mereka di negara-negara Barat,” tulis Zarif.

Menteri Luar Negeri Iran juga mengatakan bahwa jalur kebijakan yang saat ini dikejar oleh penguasa Saudi membantu “proyek Iranphobia, yang telah dimulai dan dipromosikan oleh rezim Zionis selama bertahun-tahun.”

“Hari ini, Iran yang stabil mencari stabilitas di seluruh Timur Tengah, karena tahu bahwa mencapai keamanan di rumah dengan mengorbankan ketidakamanan di antara tetangga pada dasarnya tidak mungkin,” tambahnya. [Sfa]

Sumber: Southfront.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: