Nasional

Yusuf Muhammad: ‘Jurus Mabuk’ Prabowo

Ceramah Prabowo

SURABAYA – Di sebuah acara halalbihalal di Palembang, Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan kontroversial. Ia menyebut biaya LRT Palembang kemahalan dan ada “Mark up” yang dilakukan oleh pemerintah. Total biaya LRT Palembang 12.5 T untuk 24 km, artinya 40 juta dolar/km. Padahal katanya, menurut indeks pembangunan LRT dunia, seharusnya cuma 8 juta dolar/km.

Baca: Denny Siregar: Tiru Khawarij, Cara Lawan Politik Serang Jokowi

Pertanyaanya, Indeks itu indeks apa yang dimaksud? siapa yang buat dan tahun kapan diterbitkan? Mengapa Prabowo terkesan ASBUN? apakah ini efek kelamaan men-jomblo? Entahlah… Mingkin omongan Prabowo bisa dipercaya oleh pemujanya, tapi tidak dengan saya.

Ok baiklah saya akan jelaskan sedikit data tentang biaya pembangunan LRT di beberapa negara, diantaranya:

  1. Proyek Ekspansi LRT Malaysia

Proyek yang berlangsung dari 2010-2016 ini menelan biaya sebesar 2.1 miliar dolar untuk rute sepanjang 35 km. Artinya, ongkos yang diperlukan 60 juta dolar/km.

  1. Proyek LRT Komtar-Bayan Lepas Malaysia

Perkiraan biaya untuk proyek sepanjang 30 km ini pada 2017 lalu diperkirakan 280 juta ringgit/km atau setara 80 juta dolar/km. Lebih mahal dibanding proyek LRT 3 yang “cuma” 70 juta dolar/km.

  1. Proyek LRT-4 dari Manila LRT, Filipina.

Proyek yang disetujui sama otoritas setempat Juni 2015 ini investasinya 1.1 miliar dolar untuk jalur sepanjang 11 km dari Ortigas-Taytay. Jadi, harga yang harus dibayar adalah 100 juta dolar/km.

Baca: Denny Siregar: SP3 Habib Rizieq Bikin Gerindra Panik, Kenapa?

Dari perbandingan data di atas, sebetulnya angka 40 juta Dolar/Km ini masih wajar. Jadi kalau Prabowo klaim 8 juta dolar/km maka itu yang wajib dipertanyakan, sumbernya dari mana? Kok bisa murah banget kayak harga gorengan. Apalagi konstruksi LRT Palembang dibuat tipe melayang (elevated), otomatis biayanya relatif lebih tinggi dibanding tipe darat (grounded).

Saya sedih melihat Prabowo, apakah belum cukup dia mengutip novel fiksi untuk dijadikan referensi tentang ramalan Indonesia akan bubar pada 2030 ? Bisa jadi indeks yang dijadikan referensi oleh Prabowo soal biaya pembangunan LRT 8 juta dolar/Km ini juga fiksi.

Baca: Muhammad Zazuli: Kelompok Sakit Jiwa yang Ngebet Berkuasa

Sangat disayangkan, tokoh sekelas Prabowo yang juga sebagai ketum Partai dan Capres Gerindra tapi bicaranya ngawur tanpa data. Hal ini semakin menunjukkan kalau Prabowo sedang panik dan memakai “jurus mabuk” untuk menyerang pemerintahan Presiden Joko Widodo. (SFA)

Sumber: Akun Fanpage Facebook Yusuf Muhammad

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: BI Musnahkan Uang Berstempel#GantiPresiden2019 | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: