Amerika

YouTube Tutup Akun Resmi Pemerintah Suriah dan Bashar Assad

Kantor Kementerian luar negeri Suriah
Kemenlu Suriah

SURIAH – YouTube menonaktifkan empat saluran yang dikelola oleh pemerintah Suriah, termasuk dua saluran milik media pemerintah dan akun resmi presiden Suriah, di tengah meningkatnya ketegangan di provinsi Idlib dan peringatan oleh militer Rusia bahwa White Helmets dapat melakukan serangan kimia palsu, seperti dilansir Almasdarnews (12/09).

Baca: Kenapa Turki Blokir Akses ke Facebook, Twitter, Whatsapp dan YouTube?

Dimintai komentar mengenai penutupan, yang dilaporkan pengguna selama akhir pekan, juru bicara YouTube mengatakan kepada Sputnik “YouTube mematuhi semua sanksi yang berlaku dan undang-undang kepatuhan perdagangan, termasuk terkait dengan konten yang dibuat dan diunggah oleh entitas yang dibatasi. Jika kami menemukan bahwa akun melanggar Persyaratan Layanan atau Pedoman Komunitas kami, kami menonaktifkannya”.

Baca: Eva Bartlett Bongkar Kebusukan Media Barat dan Pro Teroris Tentang Suriah

Sebelumnya, outlet TomoNews AS mengklaim bahwa akun yang berafiliasi dengan pemerintah Suriah mungkin telah ditutup pendapatan iklan, jika benar akan menjadi pelanggaran terhadap sanksi AS atas Damaskus.

Mantan Presiden Barack Obama menandatangani sebuah perintah eksekutif pada tahun 2011 yang melarang entitas AS “terlibat dalam bisnis” dengan entitas Suriah.

Baca: Damaskus Kecam Media Barat yang Bantu Teroris Sebarkan Berita Bohong

Empat saluran yang dimiliki pemerintah dan ratusan konten video mereka telah dihapus, diganti dengan pesan “Akun ini telah dihentikan karena pelanggaran Persyaratan Layanan YouTube.” Adapun yang ditampilkan di saluran presiden Suriah “Akun ini telah dihentikan karena ada keluhan hukum.”

Keputusan YouTube memicu cemoohan di antara beberapa pengguna media sosial, yang mengatakan bahwa saluran yang dihapus, termasuk dari Kantor Berita Arab Suriah dan Kementerian Pertahanan Suriah, memberi mereka perspektif alternatif tentang konflik Suriah dengan yang dikemukakan oleh media Barat. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: