Headline News

WOW! Saad Hariri Tiba di Bandara Rafik Hariri Libanon

Rabu, 22 November 2017 – 07.51 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LIBANON – Perdana Menteri Saad Hariri Akhirnya kembali pulang ke Libanon pada hari Selasa (21/11/2017) setelah pengunduran dirinya dari Arab Saudi dua minggu lalu yang mengejutkan semua kalangan. Kedatangan Hariri ditunggu oleh banyak masyarakat Lebanon dan pemerintah khususnya untuk mencari kejelasan atas tindakannya baru-baru ini dalam salah satu drama diplomatik yang paling tidak biasa dan membingungkan dalam sejarah.

Baca: Pengunduran Saad Hariri Sinyal Kuat Pihak Ketiga Hancurkan Lebanon

Hariri tiba di Bandara Internasional Rafik Hariri, Selasa malam waktu setempat, setelah melakukan kunjungan singkat ke Siprus. Mantan Perdana Menteri itu diperlihatkan turun dari jet pribadinya di Beirut.

Hariri dijadwalkan tiba di Lebanon menjelang hari kemerdekaan; Namun, perjalanannya yang tiba-tiba ke Siprus setelah dari Mesir sempat membuat kepulangannya diragukan. Mantan perdana menteri tersebut diperkirakan akan menghadiri perayaan Kemerdekaan pada hari ini, Rabu (22/11).

Baca: Intelijen Libanon Tak Temukan Upaya Pembunuhan Saad Hariri

Hariri tiba-tiba terbang ke Arab Saudi bulan ini, mengumumkan pengunduran dirinya melalui video dan kemudian tinggal di sana selama dua minggu di tengah pertanyaan apakah dia dipaksakan atau bahkan telah ditahan oleh Saudi. Seorang juru bicara mengatakan bahwa dia mendarat di Beirut sesaat sebelum tengah malam.

Masih banyak pertanyaan, termasuk apakah dia berencana untuk menegaskan kembali pengunduran dirinya atau membatalkannya dan sejauh mana dia bertindak di bawah tekanan Saudi. Presiden Michel Aoun mengatakan bahwa pengunduran diri itu tidak sah kecuali disampaikan secara pribadi. Juga tidak jelas apakah Hariri masih yakin dia menghadapi ancaman keamanan di Lebanon, seperti yang dia katakan dari Arab Saudi.

Dalam sebuah pernyataan publik singkat dari Kairo pada hari Selasa, ia mengatakan akan mengumumkan “keputusan politiknya” di Lebanon, namun tidak menjelaskan secara rinci.

Baca: Saad Hariri Akan Kembali ke Libanon dalam Waktu Dekat

Pengumuman pengunduran diri Hariri terjadi di tengah ketegangan yang berputar-putar di Timur Tengah karena Saudi Arabia yang semakin keras berusaha untuk melawan pengaruh Iran yang semakin kuat di kawasan. Hariri secara luas dipandang mengundurkan diri atas tekanan dari pangeran mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, sebagai bagian dari upaya untuk mengisolasi Hizbullah, milisi dan partai politik dukungan Iran yang termasuk dalam pemerintahan koalisi Libanon. (SFA)

Sumber: Arrahmahnews.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: