Headline News

WOW! Raja Salman Tendang Pewaris Sah Kerajaan Saudi

Rabu, 21 Juni 2017 – 13.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud telah menunjuk anaknya, Mohammed bin Salman, sebagai pewaris, dalam sebuah reshuffle besar-besaran yang diumumkan pada hari Rabu (21/06). (Baca: Perebutan Kekuasaan Dua Pangeran Kerajaan Saudi Semakin Memuncak)

Keputusan kerajaan menyingkirkan Putra Mahkota Mohammed bin Nayef, keponakannya yang berusia 57 tahun dari pewaris sah kerajaan, seperti yang digariskan oleh undang-undang kerajaan dan menggantikannya dengan Mohammed bin Salman, 31, yang sebelumnya adalah wakil putra mahkota.

Menurut kantor berita resmi Saudi Press SPA, putra mahkota yang baru juga ditunjuk sebagai wakil perdana menteri dan mempertahankan jabatannya sebagai menteri pertahanan. Mantan putra mahkota tersebut juga dipecat dari jabatannya sebagai menteri dalam negeri, bunyi dekrit Raja Salman. (Baca: Ambisi Pangeran Muda Saudi Kuasai Kerajaan)

Dewan Komite Suksesi Arab Saudi, bahwa 31 dari 34 anggota komite suksesi Arab Saudi memilih Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota. Raja Saudi meminta sebuah janji publik untuk kesetiaan kepada putra mahkota baru pada hari Rabu, kata saluran tersebut.

Beberapa pengamat kerajaan telah lama menduga bahwa Mohammed bin Salman naik ke tampuk kekuasaan di bawah pemerintahan ayahnya, bahkan mungkin juga mempercepat kenaikannya ke takhta. (Baca: Mohammed Bin Salman Versus Mohammed Bin Nayef)

Pangeran muda itu sedikit diketahui orang Saudi dan orang luar sebelum Salman menjadi raja pada bulan Januari 2015. Dia sebelumnya bertugas di istana ayahnya ketika Salman menjabat sebagai putra mahkota. (SFA)

Sumber: Al-Jazeera

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: