Headline News

WOW! Pasukan Suriah di Muka Gerbang Kota Al Bab Markas ISIS

Senin, 13 Februari 2017 – 11.04 Wib,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Menurut aktivis Suriah Jumat (10/02/2017) mengatakan bahwa pasukan Suriah sebentar lagi akan memasuki Al Bab melalui pedesaan di Aleppo timur, markas terbesar bagi organisasi teroris “ISIS”. (Baca: Tentara Suriah dan Sekutunya Kepung Teroris ISIS di Kota Al-Bab Suriah)

Para aktivis mengatakan bahwa pasukan Suriah telah tiba di wilayah Tedef sebelah selatan dari kota Al Bab yang terletak di pinggiran kota.

Tentara Suriah sebelumnya telah menguasai desa Abu Taltal yang berdekatan dengan kota Tedef, hal ini menunjukkan bahwa jarak dari pintu kota tidak melebihi 1,5 km.

Kemajuan pasukan Suriah berkat pelaksanaan operasi militer pada 17 Januari 2017, dimana dapat  menguasai puluhan desa dan perkebunan luas dari baratdaya hingga tenggara kota Al Bab, operasi itu didukung dengan tank dan pesawat. (Baca: Turki Alami Kerugian Dalam Perang Melawan ISIS di Al-Bab)

Di sisi lain, banyak berita melaporkan telah terjadi bentrokan antara organisasi “ISIS” dengan beberapa faksi oposisi bersenjata di dalam kota Al Bab, keduanya saling menyerang.

Sementara itu, pasukan pembebasan Suriah yang didukung oleh Turki, mengumumkan telah memulai memasuki kota Al Bab, dan menegaskan bahwa FSA sudah menguasai beberapa titik di dalam wilayah timur dan timur-laut kota Al Bab, selain lokasi-lokasi strategis di barat kota.

Kota Al Bab adalah tujuan strategis yang paling penting dari operasi “Perisai Efrat“, yang diluncurkan pada bulan Agustus  2016.

Sementara itu, lembaga kantor berita Turki “Dogan”, pada hari Kamis mengatakan bahwa lima tentara Turki tewas dan 10 lainnya terluka dalam serangan “ISIS” pada Kamis pagi di area Al Bab.

Bentrokan pecah antara kedua belah pihak karena upaya teroris ISIS untuk merebut wilayahnya yang terampas di lingkungan timur kota, ditambah wilayah pegunungan Aqil dan tempat-tempat strategis lainnya di sebelah barat kota.

Militer Turki mengatakan ada koordinasi internasional untuk mencegah bentrokan antara elemen tentaranya dan elemen tentara Suriah, yang maju dari selatan kota, di salah satu front pertempuran paling kompleks dalam perang yang sedang berlangsung di Suriah selama hampir enam tahun. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: WOW! Pasukan Suriah di Muka Gerbang Kota Al Bab Markas ISIS | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: