Fokus

WOW! Muannas Minta Kominfo Blokir Akun Medsos Jonru Karena Bahayakan Negara

Minggu, 03 September 2017 – 08.18 Wib,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Tidak hanya melaporkan ke polisi, Muannas Al Aidid juga meminta akun media sosial Jonru Ginting diblokir. Kemenkominfo menyatakan akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait permintaan blokir itu.

Baca: Pesan Pedas Ahmad Zainul Muttaqin Kepada ISIS dan Jonru

Karena menurut Muannas tudingan-tudingan Jonru di medsos selama Maret hingga Agustus dianggap provokatif dan membahayakan keutuhan bangsa. Dia menilai, postingan itu patut diduga ada upaya menggiring opini publik bahwa seolah-olah membangun perseteruan antara agama dan etnis tertentu. Sehingga, kata Muannas, jika hal ini dibiarkan karena dapat menimbulkan keresahan dan adu domba ditengah masyarakat.

Hal itu sesuai laporan polisi nomor : LP/4153/ VIII/2017/ PMJ/Dit. Reskrimsus Tertanggal 31 Agustus 2017. Muannas Al Aidid menilai, “Akun ini acapkali diduga mempertentangkan dan mendikotomikan antara muslim dan bukan muslim serta semangat mempertajam sentimen individu dan etnis tertentu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” kata Muannas Al Aidid, usai memberikan laporan di Polda Metro Jaya.

Baca: Denny Siregar: ‘Kacamata Benar dan Salah’ Lihat Kemana Jonru Berpihak

“Kalau berkenaan dengan SARA, hate speach, selama ini kita kolaborasi atau koordinasi bersama instansi terkait seperti kepolisian,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Noor Iza saat dihubungi detikcom, Jumat (01/09/17).

Baca: Yusuf Muhammad: JONRU, SANG DAJJAL MEDSOS

Iza mengatakan, pemblokiran akun atau situs di internet memiliki prosedur. Pihaknya bisa langsung memblokir jika kontennya bermuatan pornografi atau asusila. Namun, untuk konten yang bernuansa SARA dan hate speech perlu koordinasi dengan lembaga terkait.

“Karena hal ini kan dimungkinkan juga di UU ITE, tapi dalam pelaksanaannya kita harus koordinasi juga. Kalau memang menimbulkan misal ada hate speech, SARA, timbulkan gejolak di warga, kita kordinasi dengan cepat,” ujarnya.

Baca: Jokowi dan Sang Ahli Fitnah Kader PKS ‘Jonru’

Sebelumnya, Muannas Al Aidid melaporkan pemilik akun media sosial Jonru Ginting ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Muannas juga ingin akun yang dilaporkannya itu diblokir. “Harus diproses, pemerintah juga berkewajiban kan memerangi hoax? Melalui Menkominfo, akun ini juga sebaiknya diblokir, makanya kita lapor,” ujar Muannas saat dikonfirmasi, Jumat (01/09/17). (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: