Headline News

WOW! AS-Saudi Tandatangani MOU Penjualan Senjata Senilai 110 Miliar Dolar

Minggu, 21 Mei 2017 – 09.00 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyetujui kesepakatan senjata dengan Arab Saudi senilai 110 miliar dolar, dan memperluas hingga 350 miliar dolar selama 10 tahun, Associated Press melaporkan.

Gedung Putih mengumumkan pada hari Sabtu bahwa kesepakatan senilai 110 miliar dolar akan segera berlaku.

“Paket peralatan dan layanan pertahanan ini mendukung keamanan jangka panjang Arab Saudi dan wilayah Teluk (Persia) dalam menghadapi ancaman Iran, juga memperkuat kemampuan Kerajaan untuk berkontribusi dalam melawan operasi terorisme di seluruh kawasan, dan mengurangi beban militer AS yang melakukan operasi tersebut,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang dikutip Washington Post.

Trump dan Sekretaris Negara Rex Tillerson “akan menghadiri upacara penandatanganan kesepakatan tersebut,” menurut seorang pejabat Gedung Putih.

Kesepakatan tersebut merupakan kemenangan bagi Trump karena tekanan politik yang terus meningkat di di dalam negeri karena dugaan hubungan dengan Rusia, dan pemecatan mendadak mantan Direktur FBI James Comey.

Perjanjian tersebut mencakup kontrak senilai 6 miliar dolar untuk merakit 150 helikopter Lockheed Martin Blackhawk di Arab Saudi, kata sebuah pernyataan resmi mengenai kesepakatan tersebut.

Kesepakatan itu juga mencakup sistem rudal THAAD senilai 1 miliar dolar dan kontrak untuk empat kapal perang multi misi dengan harga 11,5 miliar dolar, menurut seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya yang dikutip Reuters.

Arab Saudi adalah klien agen senjata AS yang paling penting dan sekutu No 1 Washington di wilayah Timur Tengah.

Perusahaan General Electric mengatakan bahwa mereka menandatangani kesepakatan dan pemetaan pemahaman senilai 15 miliar dolar dengan Arab Saudi pada hari Sabtu saat kunjungan Trump ke kerajaan kaya minyak tersebut.

General Electric mengatakan pihaknya juga menandatangani sebuah MOU dengan raksasa minyak Saudi Aramco “untuk melakukan transformasi digital operasi Aramco,” kata pernyataan tersebut.

MOU yang ditandatangani dengan Aramco akan menghasilkan peningkatan produktivitas tahunan sebesar 4 miliar dolar, tambahnya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: