Eropa

WikiLeaks: CIA Gunakan iPhone untuk Memata-matai Pemiliknya

Jum’at, 24 Maret 2017 – 08.25 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Situs whistleblower WikiLeaks mengklaim bahwa Badan Pusat Intelijen Amerika (CIA) telah menghack handphone produk Apple untuk memata-matai pemiliknya.

WikiLeaks merilis sejumlah dokumen baru, yang disebut “Dark Matter”, yang dirilis pada hari Kamis (23/03). Dokumen itu menggambarkan beberapa program CIA yang tampaknya telah digunakan selama hampir satu dekade dalam beberapa kasus yang secara diam-diam memantau pemilik perangkat Apple. (Baca: Yahoo Akui Mata-Matai Penggunanya atas Perintah CIA)

Dokumen itu juga mengklaim bahwa mikropon kecil yang disebut NightSkies 1.2, adalah sebuah “mercusuar/loader/alat implan”, yang secara khusus dibuat untuk iPhone. Mikrofon kecil yang dapat memberikan informasi percakapan dan kemampuan kontrol kepada CIA.

WikiLeaks mengatakan malware itu telah diinstal pada perangkat sejak 2008 untuk pengawasan. (Baca: Moskow Bongkar Aksi Spionase AS dan CIA di Rusia)

Menurut laporan itu, Inggris dan intelijen AS juga telah menggunakan televisi pintar sebagai mata-mata dan mikrofon rahasia untuk mengumpulkan informasi. (SFA)

Sumber: Forbes

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: