Internasional

Wikileaks Bongkar Dokumen Keculasan Saudi Kepada Suriah dan Rusia

01 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Situs “Wikileaks” mempublikasikan beberapa dokumen yang pernah dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, terkait tindakan Riyadh terhadap krisis Suriah dan peranan Rusia dalam menyelesaikan krisis.

Situs media Syrianow menyebutkan, Sabtu (27/02), salah satu dokumen yang diterbitkan oleh situs Wikileaks adalah dokumen yang telah dibubuhi stempel Kementerian Luar Negeri Saudi, pembuat keputusan untuk masuk ke dalam dialog mendalam dengan Rusia terkait masalah krisis Suriah. (Baca: Para Jenderal Saudi Kirim Surat Kepada Putra Mahkota Tentang Bahaya Operasi Militer ke Suriah)

Dokumen tersebut merekomendasikan untuk mengadakan sesi dialog strategis kedua di Moskow, dan memfokuskan pembicaraan tentang krisis di Suriah serta upaya memberi tekanan lebih agar dapat mencegahnya dari posisinya yang saat ini.

Selian itu, dokumen tersebut juga merekomendasikan untuk tetap berhubungan dengan Rusia, dan memberi arahan kepada media untuk tidak menyinggung tokoh-tokoh Rusia, berupaya untuk menghindari membicarakan keburukan mereka sehingga tidak merugikan kepentingan kerajaan Saudi, hanya saja tetap merekomendasikan untuk terus mengkritik kebijakan Rusia terhadap Suriah serta meningkatkan tekanan pada Rusia melalui Organisasi Konferensi Islam dan pengembangan opini publik di dunia Islam. Dokumen yang bocor itu menganggap bahwa Rusia lebih takut pada dimensi Islam daripada dimensi Arab. (Baca: Tak Sanggup Hadapi Suriah, Koalisi Saudi Pindahkan ISIS Ke Yaman)

Berkenaan dengan krisis Suriah, dokumen itu mencatat bahwa Riyadh memutuskan untuk tetap konsisten pada sikapnya terkait krisis Suriah dan tidak akan pernah mundur dari itu, akan tetapi ia memperingatkan bahwa kelak saat rezim Suriah telah mampu melewati masa krisisnya maka target utama yang akan dikejar olehnya adalah balas dendam terhadap negara-negara yang pernah berdiri untuk melawannya.

Dokumen ini menganggap bahwa Arab Saudi harus berusaha dengan segala cara yang ada dan dengan semua sarana yang memungkinkan untuk dapat menggulingkan rezim Presiden Suriah Assad. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: