Fokus

WHO Desak Kedua Belah Pihak Bertikai Operasikan Pelabuhan Hudaydah Yaman

Pelabuhan Hodeida

AMAN – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada hari Sabtu,  menyerukan semua pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman untuk memfasilitasi operasi terus menerus pelabuhan di kota Al Hodeidah setelah koalisi yang dipimpin Saudi melancarkan serangan di kota yang dikuasai Houthi.

Baca: Pejuang Yaman Gagalkan Pendaratan Laut Pasukan Saudi dan UEA di Hudaydah

Pada hari Rabu, koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan serangan untuk merebut Al Hodeidah dari gerakan Houthi setelah yang terakhir gagal menanggapi tawaran pemerintah untuk menarik diri dari kota pelabuhan, untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Berbagai organisasi internasional dan kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyerukan kepada pihak-pihak yang berseteru di Yaman untuk menahan diri di tengah meningkatnya bentrokan di kota itu.

“Kami berdiri dengan mitra PBB kami untuk menyerukan semua pihak dalam konflik untuk melindungi pelabuhan, dan membiarkan fungsinya tidak terganggu. Kami juga menyerukan kepada semua pihak untuk melindungi petugas kesehatan dan fasilitas mereka dari bahaya, serta memastikan akses yang tidak terhalang untuk tim medis yang berusaha mengobati yang terluka,” kata Ghebreyesus dalam sebuah pernyataan.

Baca: Houthi Hajar Habis-habisan Pasukan UEA dan Saudi di Hudaydah

Direktur Jenderal WHO menekankan bahwa pelabuhan Al Hodeidah adalah garis hidup penting bagi negara, di mana 70 persen makanan dan obat-obatan dasar melaluinya.

“Dengan intensifikasi pertempuran di sekitar Hodeida, saya sangat prihatin tentang dampaknya terhadap kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan 1,6 juta orang yang tinggal di kota dan sekitarnya, dan pada orang-orang Yaman secara luas luas,” Direktur WHO menambahkan.

Baca: UEA Minta Bantuan AS Rebut Pelabuhan Hudaydah Yaman

Pada awal bulan ini, Kantor PBB untuk Koordinator Urusan Kemanusiaan Jens Laerke mengatakan bahwa serangan terhadap Al Hodeidah dan pengepungannya yang lama dapat menyebabkan masalah kemanusiaan serius bagi 250.000 orang, termasuk kematian mereka.

Menurut koalisi Arab, Al Hodeidah adalah sumber utama pasokan senjata ke Houthi. Selat Bab-el-Mandeb di dekatnya juga merupakan salah satu rute pelayaran terpenting di dunia. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: