Headline News

Warga Raqqa Suriah Bangkit Lawan Militan Kurdi Dukungan AS

Jum’at, 09 Maret 2018 – 08.14 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Pasukan kesukuan di provinsi Raqqa telah membentuk sejumlah unit untuk memerangi orang Kurdi yang telah menduduki kota tersebut dan didukung oleh Washington. Pasukan yang dibentuk dengan nama Perlawanan Populer Raqqa (PRoR) sekarang merekrut pasukan untuk memulai pertempuran melawan milisi Kurdi.

Baca: Pasukan Elit Turki Tewas Saat Bentrokan dengan Tentara Kurdi di Afrin Suriah

Sejumlah besar warga sipil yang terbunuh dalam operasi oleh orang-orang Kurdi dan koalisi anti-ISIS yang dipimpin AS di Raqqa adalah anggota dari suku-suku ini. Pasukan Kurdi juga sibuk dengan perekrutan paksa di antara warga sipil setelah pendudukan Raqqa.

Sejumlah besar orang di kota Raqqa turun ke jalan pada akhir Februari untuk menentang penumpukan pasukan AS di kota mereka, dan menuduh militer AS dan militan sekutu mereka telah menghancurkan kota dan mengeksekusi warga sipil.

Baca: Pasukan Kurdi Serahkan Kontrol Aleppo Timur kepada Tentara AD Suriah

Para pemrotes bersumpah untuk tidak bekerja sama dengan tentara AS, dan memperingatkan bahwa mereka akan terus menunjukkan ketidaksetujuan mereka dengan pendudukan pasukan AS dan disintegrasi Suriah dalam demonstrasi.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada awal Maret bahwa satu-satunya wilayah di Suriah, dimana persyaratan Resolusi 2401 Dewan Keamanan PBB sepenuhnya diabaikan, tidak ada bantuan bagi penduduk sipil dan membiarkan kota Raqqa yang hancur, serta Al-Rukban kamp pengungsian di Al-Tanf yang dikendalikan AS.

Baca: Erdogan Ancam Bashar Assad Terkait Konflik Kurdi di Afrin

Perwakilan permanen Suriah untuk PBB, Bashar al-Jaafari mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada pertengahan Februari bahwa Koalisi pimpinan AS untuk mengalahkan kelompok teroris Daesh (ISIS atau ISIL) telah dengan sengaja menghancurkan 90 persen kota Raqqa di Suriah.

Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya juga telah menekankan pada pertengahan Januari bahwa situasi kemanusiaan di Raqqa, Suriah, hampir mendekati sebuah bencana. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: