Fokus

Wapres Iran: Saudi Kirimkan Para Teroris Untuk Kacaukan Keamanan Iran

Senin, 27 Februari 2017 – 06.05 Wib,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Wakil presiden Iran Eshaq Jahangiri menolak keras penjelasan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir yang menyerang Iran dengan mengeluarkan pernyataan anti-Teheran dan menuduh Iran sebagai pendukung terorisme. Pemerintah Iran menyebutkan bahwa pernyataan ini adalah proyeksi tak berdasar yang bertujuan untuk menutupi peran Arab Saudi dalam mendukung terorisme. Jahangiri menegaskan bahwa Iran sama sekali tidak memiliki hubungan dengan para teroris ataupun dengan kelompok teroris manapun, justru beberapa negara yang sedikit berpengalaman dan memiliki rencana di wilayah kawasan yang telah menciptakan kelompok teroris dengan tujuan untuk merusak keamanan Iran. (Baca: Kalau Berani Saudi Lawan Iran Jangan Hanya Berani Serang Yaman)

Menurut kantor berita internasional Tasnim mengatakan bahwa Jahangiri mengungkapkan dalam pertemuan dengan staf yang ditunjuk untuk menangani pemilu Iran pada hari sabtu (25/02) di Teheran bahwa “beberapa negara yang sedikit berpengalaman dan perencanaan di kawasan telah menciptakan kelompok teroris untuk merusak keamanan Iran”. Adapun Menteri Luar Negeri Saudi bertanya-tanya kenapa tidak terjadi pemboman di Iran?, pernyataan ini dilontarkan Adel al-Jubeir untuk mencela pernyataan Jahangiri tersebut, dan menuduh Iran sebagai negara pendukung terorisme. (Baca: Zelmay Khalilzad: Pengakuan Pejabat Senior Saudi Tentang Pendanaan Riyadh Untuk Terorisme)

Eshaq Jahangiri menanggapi pernyataan ini dengan menegaskan bahwa “Iran memiliki angkatan bersenjata yang kuat dan kalianlah yang telah mengirimkan para teroris ke perbatasan-perbatasan dan kota-kota Iran, sekalipun begitu kalian telah gagal untuk menjaga dan melindungi semua teroris ini dan kalian gagal dalam misi kalian untuk mengacaukan keamanan di Iran karena kerja keras angkatan bersenjata Iran dan rakyat Iran”. (Baca: Terorisme dan Wahabi Alat Barat-Saudi Hancurkan Islam)

Wakil presiden Iran ini mengatakan bahwa untuk pemilihan presiden mendatang di negaranya tersebut, ia menyerukan partisipasi besar masyarakat dalam pemilu presiden untuk menggagalkan rencana musuh terhadap negara tersebut. (SFA)

Sumber: Mepanorama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: