Fokus

Wakil Pemimpin Teroris Al-Qaeda Tewas di Idlib Suriah

Rabu, 01 Maret 2017 – 05.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Wakil pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri, Abu Khayr al-Masri telah tewas dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) AS yang menargetkan kendaraan yang ditumpanginya di dekat kamp al-Mastoumeh di idlib. Kelompok aktivis Inggris yang berbasis di Suriah, Syrian Observatory for Human Rights atau SOHR mengatakan kepada CNN yang dikutip Selasa (28/2/2017) melaporkan bahwa al-Masri telah tewas pada Minggu, 26 Februari 2017 dalam serangan yang menargetkan kendaraannya di dekat kamp al-Mastoumeh di Idlib. Beberapa aktivis oposisi Suriah juga dilaporkan tewas dalam serangan rudal tersebut. (Baca: Al Qaeda Rajam Seorang Wanita Sampai Mati di Mukalla)

Abu Khayr al-Masri dikenal sebagai orang nomor dua di dalam kelompok al-Qaeda dan ia adalah yang berperan dalam memutuskan hubungan al-Nusra dan al-Qaeda yang telah berpisah pada musim panas tahun lalu, meskipun mendapat penentangan dari para pemimpin lain seperti Saif al-Adel dan Abu Mohammed al-Masri.

Abu Khayr al-Masri yang nama aslinya adalah Abdullah Mohammed Ragab Abdel-Rahman dilahirkan di utara Mesir pada pada 3 November 1957. Ia termasuk dalam daftar terorisme yang dikeluarkan oleh pemerintah AS pada tahun 2005. Pemerintah AS mengatakan bahwa al-Masri adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengoordinasikan pekerjaan al-Qaeda dengan organisasi teroris lainnya. Pada 2016, Dewan Keamanan PBB menempatkan dia bersama 81 orang lain dalam daftar orang-orang yang menerima sanksi. (Baca: Gabbard Tuduh Washington Suplai Senjata Kepada Teroris al-Qaeda dan ISIS)

Abu Khayr al-Masri adalah orang yang bertanggung jawab dalam urusan pergerakan dan perpindahan para militan, dan urusan logistik dan pengeluaran organisasi al-Qaeda. Ia adalah orang yang sangat dekat dengan pemimpin al-Qaeda yakni Ayman al-Zawahiri, dan ia telah menjadi anggota dari kelompok jihad di Mesir sejak akhir tahun 80-an.

Pada awal tahun 90-an, Abu Khayr al-Masri bersama Ayman al-Zawahiri berhijrah ke Sudan dan kemudian pergi ke Afghanistan dan bergabung dengan kelompok jihad Osama bin Laden dan menikah dengan salah seorang putri Osama bin Laden. Dia adalah bagian dari organisasi jihad global yang beraksi selama tiga dekade dan merupakan salah satu pemimpin paling senior Al Qaeda. Dia pernah berjuang bersama Osama bin Laden di Afghanistan. Al-Masri juga disebut-sebut terlibat dalam pemboman dua kedutaan besar AS di Tanzania dan Kenya pada tahun 1998, dimana lebih dari 200 orang yang sebagian besar adalah warga sipil tewas. (Baca: Tulsi Gabbard Sebut Pemerintahan Obama Danai Teroris Al-Qaeda dan ISIS)

Menurut keterangan dari SOHR, mengatakan bahwa al-Masri tengah berada di mobil dekat kamp al-Mastoumeh ketika serangan itu terjadi. Dilaporkan bahwa pesawat AS juga melancarkan serangan udara lain terhadap sebuah mobil di dekat kota al-Tawamah di pedesaan Aleppo barat, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut. (SFA)

Sumber: Middle East Panorama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: