Fokus

UNICEF: Dua Minggu, 55 Anak Yaman Tewas

UNICEF
UNICEF

YAMAN – Pada malam pembicaraan damai di Yaman, Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fur mengungkapkan bahwa 21 anak-anak tewas di Yaman pada bulan Juli, menurut data tim PBB di lapangan. Pada bulan Agustus, 55 anak meninggal selama 2 minggu. Dia menyerukan kepada pihak yang bertikai, untuk menempatkan perlindungan anak-anak di pusat diskusi dan hasil, seperti dilansir Almaalomah (05/09).

Baca: Demo anak Yaman kecam pembantaian brutal Saudi di Saada

“Dua puluh satu anak tewas di Yaman pada Juli, menurut tim PBB di lapangan,” kata Fur sesuai pernyataan UNICEF. Dilaporkan bahwa 55 anak tewas dalam dua minggu di bulan Agustus”.

“Setelah lebih dari tiga tahun pertempuran, situasi anak-anak di Yaman menjadi lebih buruk, tidak lebih baik.” tambahnya.

“Layanan sosial nyaris tidak berfungsi dan negara hampir runtuh. Sebagian besar pegawai negeri belum menerima gaji mereka selama hampir dua tahun. Infrastruktur sipil rentan terkena serangan, termasuk jaringan air, sekolah dan fasilitas medis. terjadi kekurangan komoditas yang parah”.

Baca: BIADAB, Saudi Serang Bis Sekolah, Puluhan Anak-anak Yaman Tewas Mengenaskan

“Ketika layanan ini runtuh, anak-anak adalah yang pertama menderita. Kebutuhan mereka akan kesehatan, pendidikan dan perlindungan diabaikan,” katanya.

“Semua pihak di Yaman, yang diharapkan mengadakan pertemuan dalam diskusi untuk pertama kalinya sejak tiga tahun, di samping sekutu mereka, harus menempatkan perlindungan anak-anak di pusat diskusi dan hasilnya,” katanya.

Baca: 2017, Saudi Bertanggung Jawab atas Setengah dari Kematian Anak Yaman

Dan itu menuntut sesegera mungkin untuk memastikan akses yang aman dan tidak terbatas untuk semua anak yang membutuhkan, sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan dan sejalan dengan hukum kemanusiaan internasional serta hak asasi manusia” di samping juga “menghentikan serangan udara dan serangan terhadap warga sipil serta infrastruktur sipil, setidaknya untuk melindungi kehidupan anak-anak”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: