Afrika

UNHCR; Lebih dari 37.000 Pengungsi Melarikan Diri dari Sudan Selatan ke Uganda

Rabu, 27 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, UGANDA – PBB mengatakan lebih dari 37.000 orang yang telah melarikan diri dari konflik di Sudan Selatan telah memasuki Uganda selama tiga minggu terakhir.

“Dalam tiga minggu terakhir telah terjadi peningkatan kedatangan pengungsi di Uganda daripada enam bulan pertama 2016,” yang berjumlah 33.838 orang, kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Selasa.

UNHCR menambahkan bahwa lebih dari 90 persen dari pengungsi adalah perempuan dan anak-anak, sebagian laki-laki dewasa dipaksa untuk bergabung dengan kelompok bersenjata.

Laporan itu juag menegaskan bahwa sebagian besar pengungsi telah melarikan diri dari wilayah Timur Equatoria Sudan Selatan dan ibukota Juba.

Badan PBB juga menekankan bahwa kamp-kamp pengungsi di Uganda sedang kewalahan oleh kedatangan gelombang pengungsi.

Pada hari Senin, Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengganti wakil presiden dan saingannya Riek Machar dengan Taban Deng Gai.

4f59efaf-51bb-4590-a5d0-711f03efa4a

Langkah ini mengancam gencatan senjata yang rapuh yang telah memegang seluruh negeri selama beberapa hari terakhir, menyusul bentrokan pada 8 Juli tahun lalu, ketika pertempuran meletus antara pasukan yang setia dengan Kiir dan Machar, menimbulkan kekhawatiran akan kembalinya konflik setelah jeda dua tahun.

Ribuan orang telah tewas dan lebih dari tiga juta terpaksa meninggalkan rumah mereka dalam perang yang dimulai pada Desember 2013, ketika Presiden Kiir memecat Machar hanya dua tahun setelah negara itu memisahkan diri dari Sudan.

Kedua belah pihak akhirnya menandatangani perjanjian pada bulan Agustus 2015 untuk mengakhiri konflik berdarah. Sebagai bagian dari kesepakatan, Machar kembali ke Juba pada bulan April untuk mengambil jabatan sebagai wakil presiden dalam pemerintah persatuan nasional. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: