Eropa

Ulama Terkemuka Asal Lebanon dan Irak Kunjungi Rusia

Selasa, 19 April 2016

MOSKOW, SALAFYNEWS.COM – Pada tanggal 8 April kemarin sekelompok ulama Muslim dari Lebanon dan Irak tiba di Rusia, untuk berpartisipasi dalam konferensi internasional “mendukung perdamaian dan solusi krisis di Timur Tengah”.

Sekelompok ulama itu mencakup perwakilan dari sejumlah organisasi keagamaan besar dan tersohor di Lebanon dan Kurdistan Irak. Dipimpin delegasi asa Lebanon, Sheikh Zuhair Aljaid.

Tur para ulama ke Rusia itu meliputi kunjungan ke Moskow dan kota Pyatigorsk tempat dilangsungkannya konferensi pada tanggal 10 April, yang akan dihadiri oleh lebih dari 150 delegasi dari berbagai daerah Rusia dan negara-negara asing termasuk Irak, Suriah, Lebanon dan Oman.

Setelah konferensi, para tokoh agama Muslim itu pergi menuju Republik Chechnya, di sana mereka akan bertemu dengan Mufti negara itu.

Selama beberapa pertemuan yang dilakukan oleh para ulama di Rusia, mereka membicarakan tentang tujuan kunjungan tersebut. Sheikh Dr. Zuhair Al-Jaid selaku koordinator umum dari Jabhat al-‘Amal al-Islami di Lebanon menyampaikan bahwa Timur Tengah mengalami masalah kenyataan paling parah terkait terorisme.

Dari Chechnya para ulama itu menuju Dagestan untuk mengunjungi pemakaman seorang yang dikenal sebagai sahabat bernama Salman bin Rabia dan temannya Abdul Rahman bin Rabia, yang keduanya gugur dalam perang melawan suku Khazar.

Sejumlah tokoh agama itu juga bertemu dengan Presiden Republik Dagestan, Ramadhan Abdul Aellatiov, di Makhachkala pada 14 April. Setelah itu, para ulama itu berpartisipasi dalam konferensi “Islam melawan terorisme: Pengalaman Internasional”.

Pada hari Jumat (15/04),  Sheikh Abdullah Waisi menyampaikan khutbah salat Jumat di sebuah masjid di Makhachkala. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: