Eropa

Turki Minta Rusia Stop Dukungan kepada Bashar Assad Suriah

Senin, 10 April 2017 – 10.03 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Turki telah meminta Rusia untuk berhenti mendukung Presiden Bashar Assad, menyusul serangan rudal AS yang menarik pujian dari para pemimpin Turki dan pendukung lainnya dari kelompok-kelompok militan di Suriah. (Baca: Riyadh Haddad: Turki Ciptakan Dua Kelompok Teroris Baru di Suriah)

Berbicara langsung di siaran radio TRT Haber pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Moskow harus berhenti memaksakan kepemimpinan Assad.

Cavusoglu menuduh bahwa Moskow tidak mengambil langkah yang diperlukan dalam menghadapi pelanggaran gencatan senjata di Suriah, dan cenderung klaim bahwa serangan rudal AS ditujukan untuk menghentikan kemajuan tentara Suriah terhadap militan yang didukung Barat dan sekutu regionalnya.

Cavusoglu mengatakan bahwa Turki tetap berkomitmen untuk gencatan senjata, dan menambahkan ia akan mengangkat isu dugaan pelanggaran gencatan senjata oleh pemerintah Suriah dengan rekan Rusia-nya Sergei Lavov. (Baca: Damaskus: Turki sponsor teror di Suriah)

Rudal jelajah AS mencapai pangkalan udara militer Shayrat di Homs pada awal pekan ini, menewaskan 15 warga sipil Suriah dan menyebabkan kerusakan material. Washington mengatakan serangan itu dipicu oleh dugaan serangan kimia di kota Khan Shaykhun, provinsi Idlib yang menewaskan lebih dari 80 warga sipil.

Washington telah gagal memberikan bukti bahwa pemerintah Suriah berada di balik serangan gas kimia. (Baca: Koalisi Maut, Saudi-Turki Amankan ISIS di Suriah dan Ingin Hancurkan Mesir)

Serangan AS memicu kecaman dunia, dan Suriah mengutuk serangan AS sebagai “agresi terang-terangan” dan menuduh Washington bertindak sebagai “kaki tangan” kelompok teroris yang beroperasi di negaranya. Turki, bagaimanapun, menyuarakan dukungan bagi agresi AS dan menegaskan kembali seruannya bagi penggulingan segera Assad. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: