Fokus

Turki Akui Tak Mungkin Selesaikan Konflik Suriah Tanpa Bashar Assad

Minggu, 22 Januari 2017 – 00.57 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Pertempuran yang berkobar di Suriah sedang memasuki titik balik. Kemenangan ini tidak lepas dari dukungan Rusia dan Iran, Presiden Bashar Assad kini telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masa depan negara tersebut. Kita bisa melihat, setelah empat tahun krisis Suriah, Bashar Assad tetap dicintai rakyatnya, selain itu Assad terbukti semakin kuat dalam mengelola negara. Di saat yang sama para pemberontak bersenjata dan kelompok teroris di Suriah tidak pernah memiliki kekuatan semacam ini. (Baca: Bashar Assad Ikut Perang Secara Rahasia dalam 6 Pertempuran Inti di Suriah)

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Turki, Mohammed Hamshiq menjelaskan bahwa tidak mungkin bagi Turki untuk menyelesaikan konflik Suriah saat ini tanpa Assad.

Hamshiq mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari jumat (20/01) yang ia ungkapkan di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, dimana ia mengatakan bahwa “Turki saat ini tidak lagi bersikeras untuk tidak melibatkan presiden Suriah Bashar Assad dalam penyelesaian konflik Suriah karena tanpa Bashar Assad tidak ada solusi untuk konflik Suriah”, seperti dilansir oleh kantor berita Arabic.SputnikNews (20/01). (Baca: Bashar Assad: Saya Bukan Boneka Kremlin Seperti Tuduhan Barat)

Ia juga menambahkan bahwa “ketidakhadiran Assad dalam penyelesaian konflik Suriah tidaklah realistis, jadi saya berfikir bahwa kita harus bekerja dengan kemungkinan yang ada untuk menyelesaikan krisis Suriah, dan inilah yang sedang dilakukan Rusia, Iran dan Turki”. Masyarakat internasional mengakui bahwa solusi politik di Suriah tanpa kehadiran Assad, tidak mungkin bisa dicapai. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: